SMSI

Perpustakaan HSU Miliki Bank Kalsel Corner

Perpustakaan HSU Miliki Bank Kalsel Corner

Amuntai, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi memiliki Corner Bank Kalsel. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Cabang Bank Kalsel Cabang Amuntai Fahriza Nor Asli, Senin (13/7) kemaren dan disaksikan Kepala Dispersip Hj. Lailatanur Raudhah.

Disela peresmian tersebut, Kepala Dispersip HSU Hj. Lailatanur Raudah menyatakan apresiasi dan terimakasihnya kepada Bank Kalsel Cabang Amuntai. Pasalnya baru pertama kali sebuah perpustakaan daerah memiliki corner dari sebuah bank, yakni Bank Kalsel.

Lailatanur begitu pejabat ramah ini dipanggil mengungkapkan bahwa pentingnya kerjasama dan kolaborasi dari berbagai stakeholder. Terutama sekali dalam pengembangan perpustakaan dan kebudayaan hingga kegemaran membaca.

“Apalagi ini sesuai dengan Undang-undang 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan dan sejalan pula dengan Peraturan Daerah (Perda) HSU nomor 03 tahun 2020 tentang Pengelolaan Perpustakaan di HSU,” ujarnya.

Menurutnya lagi, perpustakan sekarang sudah bertranformasi menjadi sahabat masyarakat dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Tentunya melalui kegiatan tranformasi perpustakaan berbasis inklusasi sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semua ini telah diamanatkan Kepala Perpustakan Nasional, Bapenas RI dan Kemendagri dalam Rakornas dan Perpustakaan tahun 2020  di jakarta.

“Adanya bank kalsel corner di tempat kami ini diharapkan dapat berdampak nyata  dalam peningkatan ekonomi keluarga melalui kegiatan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang pada akhirnya berdampak pada income pendapatan masyarakat HSU,” terangnya.

Kepala Cabang Bank Kalsel Fahriza Nor Asli menyebutkan dukungannya terhadap HSU khususnya perpustakaan daerah. Sehingga pihaknya menempat corner bank kalsel miliknya.

“Kenapa kami menempatkan bank kalsel corner karena buku itu adalah salah satu alat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Mudah mudahan buku-buku yang kami berikan  bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya lagi, Bank Kalsel milik pemerintah daerah dan sudah semestinya selalu siap bersinergi dengan program-program yang ada di daerah. Ia pun menandaskan sudah selayaknya selalu bersinergi.

“Semoga kegiatan kita ini bermanfaat, dan mudah-mudahan bank kalsel corner bisa di ikuti oleh kabupaten dan kota lainnya di provinsi Kalsel,” cetusnya.

Untuk diketahui, ‎Bank Kalsel corner adalah suatu pojok atau fasilitas yang memberikan edukasi tentang peran dan fungsi bank sentral yang dapat diakses melalui koleksi cetak maupun elektronik. Bank Kalsel Corner merupakan bagian dari program sosialisasi bank Pemerintah daerah yang diharapkan dapat meminimalisir rendahnya tingkat minat baca masyarakat.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan