Pengendara Harus Mengerti, Apa Yang dimaksud Safety Riding

  • Whatsapp

Sampit,Infobanua.co.id – Kadis Perhubungan Sampit, Fadliannor di dampingi pegawainya, Kamis (16-7-2020) bertempat di Jalan Cilik Riwut Bumi Raya I memberikan arahan pengertian Safety Riding kepada para driver truk.

Dari sekian banyak pengendara tanpa terkecuali roda dua, roda empat maupun truk sekarang ini, tidak terlalu banyak tahu apa itu safety riding. Pengertian safety riding apa yang disampaikan Fadliannor kepada para driver adalah, secara umum keamanan dan keselamatan pengendara.

“Jadi safety riding itu prilaku pengendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun kepada orang lain.” Terang Fadliannor.

Fadliannor juga mengingatkan kalau penerapan safety riding sudah diatur dalam UU Nomor 22 tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan angkutan Jalan pada Bab XI pasal 203 ayat 2 huruf a keselamatan Lalu Lintas dan angkutan jalan pada ayat (1), ditetapkan rencana umum nasional.

“Pada pasal 203 ayat 2 huruf a sudah jelas bahwa, program nasional keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan diantaranya yaitu tentang cara berkendara dengan selamat(safety riding).”Jelasnya

Untuk kelengkapan peralatan APD safety tambah Fadliannor, harus tercantum SNI standar SNI kualitas import. Untuk kelengkapan kendaraan roda dua, roda empat ataupun kelengkapan kendaraan seperti truk semuanya berbeda beda.

“Perlengkapan safety riding ini juga penting untuk keselamatan, sepeda motor harus ada helm standar SNI, sarung tangan termasuk juga kelengkapan surat kendaraan.”Ujar Fadliannor.

Penulis : Zainal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *