SMSI

Belum Dapat Informasi Penghentian Dana Desa, Kadis PMD Tala Ungkapkan Hal Ini

Belum Dapat Informasi Penghentian Dana Desa, Kadis PMD Tala Ungkapkan Hal Ini

PELAIHARI – Keputusan pemerintah pusat menghentikan penyaluran dana desa (DD) mengejutkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (kalsel).

Pasalnya hingga saat ini mereka belum mendapat informasi mengenai hal tersebut. “Apa benar begitu? Kami belum tahu, belum dapat informasi tentang hal tersebut,” ucap Kepala Dinas PMD Tala Gatot Subagio, Jumat (3/7/2020).

Dihubungi banjarmasinpost.co.id melalui telepon, pejabat eselon II di Bumi Tuntung Pandang ini mengatakan jika DD dihentikan penyalurannnya diakuinya sedikit banyak akan memunculkan dampak terhadap kegiatan di desa.

Namun ia mengatakan keuangan desa tak hanya bersumber dari DD, tapi juga dari beberapa sumber lainnya yakni alokasi dana desa (ADD) yang disalurkan pemerintah daerah. Selain itu juga ada bagi hasil pajak (BHP) dan bagi hasil retribusi (BHR).

Karena itu, sebut Gatot, jika DD dihentikan oleh pemerintah pusat, pemerintah desa (pemdes) masih memiliki kemampuan keuangan. Namun tentu mengalami penurunan kemampuan keuangan ketika DD tak lagi disalurkan.

Dikatakannya, nominal DD memang cukup signifikan namun nilainya masih di bawah ADD yang disalurkan Pemkab Tala. “Total DD pada 2020 di Tala sebesar RP 109.058.465.000, sedangkan ADD sebanyak Rp 124.768.705.800,” sebutnya.

“Lalu, BHP untuk seluruh desa (130) di Tala sebanyak Rp 3.244.000.000 dan BHR sebesar Rp 917.257.820,” beber Gatot.

Ia meyakini penyelenggaraan pemerintahan di desa tetap lancar meski DD terhenti. Hanya saja dimungkinkan sejumlah kegiatan tertunda karena keterbatasan dana yang tersedia. “Saat ini saja kan juga tertunda sejumlah kegiatan di desa karena 30 persen dana desa mesti dialihkan untuk penanganan covid-19,” sebut Gatot.

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan