Tiga Calon Damang MB.Ketapang,Cabut Nomor Urut Pemilihan

  • Whatsapp

Sampit,Infobanua.co.id – Damang kepala adat Mentawa Baru Ketapang, Kecamatan Ketapang, Sampit lebih dari setahun dan sudah tiga kali dipimpin Pj Damang. Untuk melakukan pemilihan kembali Damang kepala adat tersebut, ada tiga calon yang telah mendaftarkan dirinya kepada panitia pemilihan Damang kepala adat.

Tiga nama tersebut di antaranya M.Fitriansyah (dua kali Pj.Damang MB.Ketapang), Witersius Natali Soan (Koordinator Mantir adat MB.Hulu Ketapang), Iskandar yang sekarang Pj.Damang MB.Ketapang dan Hamidhan mantan ketua DAD Kotim tidak melengkapi berkas.

Sebelum pemilihan Damang kepala adat, panitia pelaksana pemilihan untuk ketiga calon Damang kepala Adat tersebut Senin (20-7-2020) mengadakan pencabutan nomor urut pemilihan Damang kepala adat di kantor kecamatan Ketapang,Sampit.

Dari hasil pencabutan nomor urut, Iskandar mendapat nomor 1 , M.Fitriansyah nomor urut 2 dan Witersius Natali Soan urut 3. Ketiga kandidat calon Damang kepala Adat ini optimis untuk memenangkan sebagai Damang, menurut mereka dalam pemilihan Damang kalah dan menang itu suatu hal biasa.

“Saya serahkan kepada yang memilih, mereka juga ada alasan untuk memilih dan tidak memilih.” Ujar salah satu calon Damang MB. Ketapang Iskandar Z kepada infobanua Sampit.

Ditempat terpisah infobanua Sampit mencoba menghubungi calon Damang kepala adat nomor urut 3 Witersius Natali Soan, terkait pemilihan Damang dirinya tetap optimis untuk memenangkan pemilihan yang sangat ketat ini.

Menurut Witersius Natali Soan yang biasa dipanggil Iyus ini, apabila dapat memenangkan pemilihan Damang nantinya ia akan mengingatkan kepada para Mantir adat untuk selektif untuk membuat surat keterangan tanah adat (SKTA).

“Dari hasil koordinasi dengan ketua harian DAD Kotim, saya memohon suara terbanyak urut satu Damang, terbanyak dua menjadi sekretaris Damang dan terbanyak tiga koordinator Mantir.”Ungkap Iyus.

Sementara  ketua harian DAD Kotim,Untung di ruang kerjanya berpendapat itu wajar saja kalau diantara tiga kandidat itu berpendapat akan tetapi perlu di ingat kesepakatan itu dibuat kometmennya bertiga. Misalnya tadi kalau suara terbanyak urut satu jadi Damang, terbanyak dua menjadi sekretaris dan suara terbanyak tiga koordinator mantir.

“Kalau mereka bersepakat demikian, saya minta pernyataan kometmen mereka bertiga sampaikan kepada saya nantinya.”Terang Untung yang menjelaskan pemilihan Damang kepala adat dilaksanakan Rabu (29-7-2020) akan datang.

Penulis : Zainal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *