‎Pencoklitan di HSU Dipantau Bawaslu Kalsel

  • Whatsapp

AMUNTAI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan supervisi dengan meninjau pelaksanaan pencoklitan daftar pemilih di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Supervisi ini dianggap perlu untuk meninjau kinerja pengawasan dari Bawaslu HSU maupun pengawasan dari Pengawas Ad-Hoc. Apalagi pencoklitan tersebut dalam rangka pelaksanaan Pilkada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 9 Desember 2020 mendatang.

Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Bawaslu HSU. Terutama sekali pada pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur di tengah Pandemi Covid-19. Ia mengaku kedatangannya di HSU khusus untuk memantau dan melihat kondisi kesiapan Bawaslu HSU.

“Saya mau memastikan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 di HSU baik itu terkait Alat Pelindung Diri (APD) untuk pengawas, kesiapan para pengawas Ad Hoc serta persoalan protokol kesehatan maupun hal teknis lainnya yang harus dipatuhi oleh Bawaslu sini beserta seluruh jajarannya,” kata Iwan.

Senada, Ketua Bawaslu HSU Drs. Syardani menjelaskan kesiapan seluruh jajarannya dalam melaksanakan seluruh tahapan Pilkada hingga hari “H” nantinya. ‎Terkait pandemi Virus Corona (Covid-19), Syardani memastikan seluruh jajarannya selalu mematuhi protokol kesehatan. Termasuk pula mengawasi petugas atau penyelenggara lainnya sesuai standar Covid-19.

“Walaupun di tengah pandemi Covid-19, Kami (Bawaslu) sudah sangat siap melaksanakan seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada ini,” tegasnya.

Untuk kelancaran dalama melaksanakan tugas dan fungsinya, Syardani yang akrab dipanggil Bang Caca ini mengaku selalu bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) HSU. Sehingga proses tahapan Pilkada berjalan lancar dan demokratis

“Kami selalu bekerjasama dengan KPU dalam melaksanakan seluruh tahapan Pilkada,” cetusnya.

Kunjungan Bawaslu Kalsel mendapat sambutan positif Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri. Secara tegas ia mengaku siap bekerjasama dengan Bawaslu.

“Mari kita saling membina dan membimbing seluruh jajaran kita, mari kita bergandeng tangan dalam melaksanakan tugas di lapangan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam aturan dan meminimalisir adanya ketidaksinkronan data,” bebernya.

Selanjutnya Baik Kordiv OSDM Bawaslu Kalsel dan seluruh anggota Bawaslu HSU dan Anggota KPU HSU Pengawas Kecamatan dan Desa, PPK, hingga PPS langsung turun kelapangan untuk melihat dan melakukan pengawasan langsung kegiatan pencoklitan.

Pemantauan pencoklitan ini dilakukan di tigas Desa dari tiga Kecamatan yang diawasi, pertama Desa Pekapuran (Kecamatan Amuntai Utara), desa Kota Raja (Amuntai Selatan) dan desa Kandang Halang (Amuntai Tengah).

Supervisi ini dianggap perlu untuk meninjau kinerja pengawasan dari Bawaslu Kab. HSU maupun pengawasan dari Pengawas Ad-Hoc.

Pengawasan pencoklitan berlangsung dengan lancar, PPDP juga melaksanakan tugas sesuai dengan prosedurnya.

Fai/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *