10 Desa di Subulussalam Aceh Nyaris Tenggelam

75 0

SUBULUSSALAM – Hujan deras tiga hari 3 malam di Desa Suak Jampak, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam, sejak Selasa (28/7/2020) nyaris menenggelamkan  desa terpencil Desa Darussalam yang berpenduduk lebih dari 68 Kepala Keluarga (KK) ini.

”Banjir selalu terjadi tiap kali hujan, seperti hujantiga tiga malam. Membuat kehidupan lumpuh. Kondisi jalan ke desa kami rusak usai banjir,” tegas Amat salah satu warga Desa Suak Jampak.

Kata Amat, akibat banjir ada sekitar 10 desa seolah dan 30 rumah nyaris tenggelam akibat melubernya air dari Sungai Soraya akibat hujan deras. “Desa yang cukup parah terkena banjir yakni, Desa Panglima Saman, Sebungke Mandilam dan Desa Oboh banyak rumah yang terendam hingga dada orang dewasa,” katanya, Kamis (30/7/2020).

Menurut Amat, kemungkinan melubernya air hujan hingga menyebabkan banjir ini akibat penebangan liar. “Luapan air hujan keliatannya tak mampu lagi ditahan oleh hutan, karena kami menduga hutan ditebagi secara liar oleh oknum yang tak bertaggung jawab,” katanya.

Akibat banjir ini terlihat sejumlah fasilitas di desa seperti jalan penghubung antar desa rusak.

Jalan yang ada kondisinya masih banyak yang berupa tanah sehingga menjadi lumpur bahkan genangan air saat hujan dan debu di kala kemarau. Tak hanya itu, saat musim hujan tak jarang masyarakat di sana harus berjalan kaki untuk membeli kebutuhan sembako hingga belasan kilometer karena sulitnya akses jalan.

 

syahrul

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *