SMSI

Bupati HSU Pimpin Prosesi Pelantikan dan Pengukuhan ‎DPC IPI HSU

Bupati HSU Pimpin Prosesi Pelantikan dan Pengukuhan ‎DPC IPI HSU

Amuntai – Dewan Pengurus Cabang Ikatan Pesantren Indonesia (DPC IPI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masa khidmat 2020-2025 resmi dilantik dan dikukuhkan. Prosesi pelantikan dan pengukuhan ‎di aula DR. KH. Idham Khalid amuntai dilakukan Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M. Si kepada KH. Abdul Bari.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, SKM dan Sekretaris Daerah (Sekda) H. Muhammad Taufik, S. Sos, MM. Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Drs. Yusran, MM dan Ketua MUI KH. Said Masrawan, Lc, MA serta Ketua DPW IPI Provinsi Kalimantan Selatan.

Seluruh rangkaian kegiatan sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan Covid-19 ini diawali dengan pembacaan do’a. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HSU serta pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan qori Aulia Noor Ilmi.

Sebelum pelantikan dan pengukuhan, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan (SK) tentang kepengurusan DPC IPI HSU. Setelah itu dilakukan Ikrar bersama yang dipimpin Ketua Harian Dewan Pengurus Wilayah (DPW) IPI Provinsi Kal-Sel KH. Abdul Hamid.

Proses pelantikan dan pengukuhan dipimpin langsung Bupati HSU di dampingi ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) HSU bersama Ketua IPI Provinsi Kal-Sel. Usai pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bendera IPI oleh ketua IPI Provinsi kepada Bupati HSU dan dilanjutkan kepada DPC IPI HSU.

Bupati HSU mengatakan pesantren adalah lembaga pendidikan Islam, lembaga dakwah dan lembaga sosial kemasyarakatan. Pesantren memberikan warna dan corak khas dalam wajah masyarakat Indonesia khususnya di bumi negara Dhipa amuntai ini.

Bahkan pesantren telah ikut andil dalam perjalanan bangsa Indonesia sejak zaman penjajah hingga sekarang. Pesantren membentuk dan memberikan corak andil dalam nilai kehidupan di masyarakat.

“Kita semua yang hadir disini, dan tentunya juga seluruh masyarakat HSU  khususnya keluarga besar pondok pesantren se-HSU, menaruh harapan besar agar para pengurus DPC IPI HSU yang baru saja dilantik dapat mengemban dan menjalankan tugas, amanah yang dipercayakan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” tegasnya.

Bupati Wahid mengajak menjadikan momentum ini untuk terus menjalin kerbersamaan, kerjsama dan saling mendukung. Terutama sekali dalam upaya memajukan dan mengembangkan lembaga pendidikan pesantren yang ada di daerah ini.

“Hadir DPC IPI semakin membuat kita semua bersemangat mengembangkan pesantren sebagai lembaga pendidikan untuk menciptakan generasi penerus yang berkualitas, beriman dan berakhlakul karimah,” pesannya.

Senada, ‎Ketua DPW IPI Provinsi Kalsel KH.  Muhammad Mukri Yunus menegaskan bahwa organisasinya (IPI) bukanlah mengambil peran organisasi lain. Akan tetapi menurutnya kehadiran IPI untuk mempertegas keberadaan pesantren. Untuk ia mengajak saling bersinergi, saling menguatkan, sehingga bisa maju bersama.

“Mari kita majukan pesantren, mari kita saling menguatkan dan saling bersinergi,” terangnya.

Selanjutnya Kepala Kemenag HSU Drs. Yusran, MM ‎mengharapkan sesegeranya pengurus IPI HSU untuk menyusun program kerja. Ia juga mewanti-wanti agar setiap program yang dibuat mengacu pada anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART) organisasi.

“Agar tidak ada kegiatan menyimpang dari kegiatan IPI itu sendiri, apapun yang kita lakukan akan membuahkan hasil yang memuaskan dan hasil yang maksimal, saya mengucapkan selamat berjuang,” tegasnya.

Sementara itu Ketua DPC IPI HSU KH. Abdul Bari mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Bupati atas bimbingan dan arahannya. Ia juga optimis dapat bersinergi dengan pemerintah daerah maupun lembaga lainnya.

“Kami bertekad memajukan pesantren di HSU ini dengan segala daya dan upaya. Kami berharap semoga pemerintah dan lembaga terkait lainnya turut serta berpartisipasi dan berkenan membantu,” ujarnya. Fai

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan