Yansen Tipa Padan Sosok Paling Dijagokan Memimpin Kaltara

136 0

TANJUNG SELOR – Bursa pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) diprediksi bakal diramaikan sejumlah kepala daerah tingkat kabupaten/kota. Salah satunya adalah Bupati Kabupaten Malinau, Yansen Tipa Padan (TP). Sebagai bupati yang telah menjabat 2 periode, Yansen TP digadang-gadang sebagai calon Wakil GUbernur pada Pilgub Kaltara 2020 mendatang. Yang ramai dibicarakan bakal berpasangana dengan mantan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara (Wakapolda Kaltara), Brigjen Pol Zainal Paliwang,

Hasil penulusuran infobanua, Sebagian besar masyarakat mengenal sosok Yansen yang memang putra asli Kaltara. “Yansen tepat dan banyak dijagokan menjadi kepala daerah di Kaltara. Sosok peduli dan sudah banyak berbuat untuk warga masyarakat Kabupaten Malinau yang tentunya. Jadi modal untuk menjadi gubernur atau wakil gubernur,” kata Ihsan salah satu warga, Selasa (4/8/2020).

Sementara, dalam beberapa kesempatan Yansen TP belum menyatakan sikap untuk melanjutkan karir politiknya sebagai kepala daerah. Bahkan ia berkelakar, bahwa calon gubernur atau wakil gubernur ke depan ia titipkan kepada yang punya kemauan saja.

“Saya titip kepada yang mau lah. Kalau Malinau saya sudah tidak lanjut (sudah 2 periode). Pokoknya (Pilgub Kaltara) saya titipkan fikiran membangun kepada yang mau,” kelakarnya kepada awak media.

Meski demikian, sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kaltara, Yansen tercatat sebagai salah satu figur yang masuk penjaringan partainya. Pada proses pencarian bakal calon gubernur dan wakil gubernur, terdapat 4 nama yang terdaftar di Demokrat. Yakni Irianto Lambrie, Udin Hianggio, Jusuf Serang Kasim dan Yansen TP.

“Itu hal wajar (daftar di Demokrat). Karena itu partai saya, dan itu salah satu perharu (partai). Yang pasti, bahwa tidak mungkin partai demokrat mengusung (sendiri), harus koliasi. Yang koalisi pun harus punya kemauan yang sama dengan apa yang diinginkan oleh rakyat. Jadi kita adakan poling nanti,” jawabnya menanggapi soal terdaftarnya di Demokrat.

Euforia pesta demokrasi, kata Yansen, bukan hal yang subtansi. Akan tetapi, bagaimana demokrasi melahirkan pemimpin yang mampu membawa daerah ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, setelah Pilkada selesai, pemimpin fokus kepada pembangunan.

“Bukan soal gonjang ganjing Pilkada-nya yang ramai. Tapi (demokrasi) harus tepat sasaran. Supaya nanti selesai Pilkada, jangan menimbulkan persoalan yang tidak laik. Bagi saya orang Kaltara menyarankan kita semua, jadikan pilihan kepada yang terbaik pimpin Kaltara,” ujarnya.

Philipus

Related Post

Bupati Kotabaru Resmikan Kantor HNSI

Posted by - Agustus 12, 2020 0
Kotabaru, infobanua.co.id – Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Al Aedrus SH hadiru peresmian kantor DPC himpunan Nelayan seluruh indonesia kabupaten Kotabaru…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *