Frekuensi Radio di HSU Dipantau Balmon Banjarmasin

68 0

AMUNTAI – Dilengkapi mobil unit  pemantauan spektrum frekuensi radio, Balai Monitor (Balmon) Banjarmasin melakukan pengukuran dan pemantauan penggunaan spektrum frekuensi radio di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Pemantauan ini merupakan kegiatan rutin yang telah diprogramkan untuk melakukan pemantauan dan pengukuran spektrum frekuensi radio. Terutama sekali di wilayah kerja Balmon Banjarmasinyang meliputi 12 Kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

Balmon Banjarmasin adalah unit pelaksana kegiatan yang ada di setiap provinsi. Sekaligus merupakan ujung tombak dengan citra dan wakil untuk Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Pejabat pengendali frekuensi radio ahli madya Balmon Banjarmasin Hendi Herdiana menjelaskan bahwa pemantauan di HSU merupakan bagian dari 12 kabupaten dan kota di kalsel. Pemantauan dan pengukuran ini meliputi penggunaan spektrum frekuensi radio am, fm, orari, rafi, tv dan seluler sekaligus mengevaluasinya.

“Kami kesini memantau penggunaan spektrum frekuensi radio am dan fm. Kemudian orari dan rafi. Termasuk pula tv dan seluler. Kami juga melakukan evaluasi,” terangnya.

Lebih rinci lagi ia menjelaskan yang dimonitor dalam pengukuran dan pemantauan penggunaan spektrum frekuensi radio di HSU adalah semua layanan. Mulai yang menggunakan broadcast sepertiradio yang menggunakan siaran fm, tv siaran analog.

“Kami memonitor pula penggunaan seluler untuk melihat apakah sudah terpenuhi disini layanan 4G,” tambahnya.

Kemudian pihaknya juga ingin melihat prosentasi pendudukan total spektrum frekuensi. Sehingga nantinya dapat dianalisa. Selain itu dilakukan pula pengukuran parameter  tehnis terhadap penggunaan alat. 

“Baik yang digunakan oleh sejumlah perusahaan, instansi pamerintah ataupun swasta,” bebernya.

Fai/IB

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *