Memprihatinkan, Penghuni Lapas Anak Blitar, Didominasi Pelecehan Sexsual

87 0

Blitar, Infobanua.co.id – Sungguh sangat memprihatinkan, karena penghuni Lapas Anak Kelas 1 Blitar, jalan Bali 76, Kelurahan Karangtengah, Kecanatan Sananwetan, Kota Blitar, didominasi oleh pelaku pelecehan sexsual.

Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Blitar, Tatang Suherman, mengatakan bahwa, puluhan punghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak atau LPKA Blitar didominasi para pelaku pelecehan sexsual.

“Terbanyak, mereka merupakan pelaku pelecehan seksual terhadap teman sebayanya,” kata Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Blitar, Tatang Suherman, Rabu 08-08-2020.

Menurutnya, berdasarkan data per Selasa 04 Agustus 2020, ada 53 anak yang menjadi penghuni di LPKA Kelas 1 Blitar, dengan rincian 47 anak di antaranya merupakan anak binaan dengan hukuman di atas 1 tahun atau masuk dalam kategori kelas BI.

“Sedangkan 6 anak binaan sisanya masuk dalam kategori kelas B II A, atau masa hukuman di bawah 1 tahun,” jlentrehnya.

Masih menurut Tatang, bahwa beberapa penghuni LPKA Blitar itu menjadi pelaku pelecehan sexsual kepada teman dekat atau sebayanya, kemudian orang tua korban tidak terima dan melanjutkan kasus ke pengadilan.

Sedangkan untuk kasus pencurian yang dilakukan anak, cenderung sedikit.

“Para anak binaan yang menjadi penghuni Lapas Anak Blitar ini, tidak hanya berasal dari wilayah Blitar Raya saja, tapi juga meliputi anak binaan yang berasal dari beberapa wilayah di Jawa Timur, termasuk di antaranya dari Pamekasan (Madura), Malang, Pasuruan, Kediri serta Tulungagung. (Eko.B).

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *