SMSI

Panen Raya Padi Sawah Di Desa Pudi Kecamatan Kelumpang Utara Di Hadiri Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Al Aedru SH.

Panen Raya Padi Sawah Di Desa Pudi Kecamatan Kelumpang Utara Di Hadiri Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Al Aedru SH.

Kotabaru, infobanua.co.id – Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar SH mengaoresiasi atas meningkatnya hasil panen padi sawah di kabupaten Kotabaru.

Kali ini panen raya padi sawah di laksanakan di desa pudi kecamatan kelumpang utara dengan luasan 25 hektar.

Alahamdulillah, pertanian kita hasilnya sangat memuaskan.

Di jelaskannya, pertanian merupakan salah satu program dari pemerintah daerah yang juga termasuk dalam visi misi Agrobisnis dan pariwisata, jelasny.

Program padi sawah ini untuk mendukung ketersediaan pangan dibkabupaten Kotabaru serta meningkatkan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah di daerah kita.

Bupati juga menyampaikan, pemerintah akan terus memberikan bantuan demi kelangsungan pertanian daerah kotabaru ini, ujarnya.

Di akhir pidatonya, bupati Kotabaru berharap untuk para kelompok tani terus berusaha semaksimal mungkin menjaga keberhasilan ini, tutupnya.

Sementara itu, kepala dinas pertanian Ir.Hairuddin menjelaskan, kegiatan pertanian hususnya dibidang padi sawah ini kita progrmkan 100 hektar di kabupaten Kotabaru.

Namun perlakuannya berbeda beda tempat, yang sudah melaksanakan panen raya yaiti desa sungai pasir kecamatan pulau laut tengah, desa teluk mesjid kecamatan pulau laut timur, desa pudi kecamatan kelumpang utara dan desa bakau kecamatan pamukan utara, masing masing 25 hektar per kecamatan, ujar Hairuddin.

Untuk desa pudi kecamatan kelumpang utara, alahamdulillah hasil panen hari ini sangat meningkat, biasanya per hektarnya hanya bisa panen 2,4 ton sekarang sudah bisa mencapai 7, 3 ton perhektarnya, jelas kadis pertanian.

Hairuddin juga memaparkan, terkait masalah air pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan PT arutmin untuk memanfaatkan lahan bekas tambang untuk irigasi persawahan bagi para petani di kecamatan kelumpang utara, paparnya.

Di kesempatan itu, bupati Kotabaru juga menyerahkan bantuan dari dinas sosial untuk masyarakat kelumpang utara, seperti bantuan tunai kepada dua orang penderita disabilitas, empat orang lansia serta rehap rumah program rutilahu (rumah tidak layak huni) 1 unit alat perontok padi dan karung beras dari bahan pelastik.

Acara tersebut dihadiri ketua PKK kabupaten Kotabaru, kepala SKPD, Camat kelumpang utara. Forkopimca tokoh masyarakat dan para kelompok tani.

Gajali R.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan