Pemkot.Blitar, Sampaikan Bantuan Kepada Penyandang Disabilitas

59 0

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, membagikan bantuan sosial kepada penyandang disabilitas di Kota Blitar, Rabu 05-08-2020.

Bantuan sosial tersebut dibagikan Wali Kota Blitar, Santoso bersama Kepala Dinas Sosial, Kota Blitar, Priyo Istanto, kepada 8 orang penyandang disabilitas.

Bantuan diserahkan langsung oleh Wali Kota Blitar, dari rumah ke rumah, yakni dengan mendatangi rumah penerima.

Bantuan kali ini berupa kursi roda dan alat bantu, diharapkan dapat memberikan dorongan semangat, bermanfaat dan meringankan beban penyandang disabilitas.

“Hari ini Ada 8 penerima bantuan di 8 titik yang kita datangi. Mereka kami beri bantuan. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi mereka,” kata Wali Kota Blitar Santoso.

Menurut Santoso, Pemkot Blitar ke depan akan terus mensuport kebutuhan bagi kaum disabilitas. Dan pihaknya selalu mendorong instansi terkait, baik dari kelurahan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, aktif mendata penyandang disabilitas yang ada di Kota Blitar. Berdasarkan data Dinas Sosial saat ini di Kota Blitar tercatat ada 434 orang penyandang disabilitas.

“Kami terus meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas atau difabel di Kota Blitar. Dinas terkait aktif turun ke lapangan melakukan pendataan. Untuk kesehatan, Dinas Kesehatan rutin memonitor kesehatan mereka,” jlentreh Santoso.

Sementaera itu Kepala Dinas Sosial Kota Blitar, Priyo Istanto menerangkan bahwa, bantuan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada kaum penyandang disabilitas. Bantuan yang diserahkan hari ini merupakan usulan dari kelurahan.

“Bantuan kami serahkan kepada disabilitas yang membutuhkan alat bantu. Selain kursi roda juga diserahkan krek, atau tongkat dan alat bantu dengar. Dengan bantuan ini diharapkan agar masyarakat bisa terbantu dan memperluas aktivitasnya, seperti yang dulu hanya di rumah saja sekarang bisa jalan dengan alat bantu kursi roda,” terang Priyo.

Menurut Priyo, bantuan kepada kaum difabel ini akan terus diberikan Pemkot Blitar. Saat ini pihaknya masih menunggu usulan-usulan dari kelurahan terkait bantuan yang akan diberikan kepada penyandang disabilitas.

“Hari ini usulan dari kelurahan sudah kita penuhi. Untuk selanjutnya kita masih menginventarisir dari kelurahan, tentang kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas,” jelas Priyo. (Eko.B) 

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *