DPRD Kab.Blitar, Dapat Kunjungan DPRD Kab, Banyuwangi

62 0

Blitar – Kamis, 06-08-2020, DPRD Kabupaten Blitar Komisi I, II, dan III mendapat kunjungan kerja dari Komisi II DPRD Kabupaten Banyuwangi.

Kunjungan ini dalam rangka study banding soal pengawasan dalam bidang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Idris Marbawi mengatakan bahwa, muatan materi dalam kunjungan kali ini muaranya adalah bagaimana pengawasan atau upaya lembaga DPRD untuk meningkatkan PAD, baik intensifikasi maupun eksistensifikasinya.

“Banyuwangi dan Blitar hampir ada kesamaan potensi Pendapatan Asli Daerahnya, karena disana juga ada pertanian, ada sumber daya alam yang luar biasa. Perbedaannya di Banyuwangi sumber daya alamnya sudah dikelola dengan baik, sehingga menghasilkan pajak dan PAD yang luar biasa,” kata Idris Marbawi, kepada awak media, usai kegiatan.

Menurut Idris, di Kabupaten Blitar untuk pengelolaan pajak pada bidang sumber daya alam masih minim sekali.

“Kita masih mencoba mengupayakan untuk bagaimana pemetaan area pertambangan, potensi alam yang lain. Sehingga sebagai dasar bagi para pelaku usaha khususnya pertambangan bisa melakukan perizinan dengan benar,” jlentrehnya.

Selanjutnya Idris berharap, jika pengusaha sudah mendapatkan ijin secara kelompok dan banyak, tentunya Pendapatan Asli Daerah kita akan bertambah.

“Untuk sektor pariwisata, destinasi wisata di Banyuwangi sangat luar biasa, hal itu terlihat dari gebrakannya maupun pembinaannya. Tapi di Kabupaten Blitar masih terasa pemerintah daerah belum hadir begitu ketat terhadap destinasi wisata,” pungkasnya. (Eko.B)

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *