Kades Desa Senibung di duga tilap dana ADD tahun anggaran 2017/2019

669 0

Sintang,Infobanua.co.id – Tokoh masyarakat dan Anggota BPD desa Senibung kecamatan ketungau Hilir Kabupaten Sintang melaporkan kades Senibung ke kantor Insekpetorat kabupaten Sintang atas dugaan penyimpangan dan penyalahan wewenang serta anggaran dana Desa Senibung pada bulan mei 2020.

Ketua BPD Desa Senibung Bapak Empinis menyampaikan kepada awak media bahwa benar telah membuat laporan ke dinas terkait perihal penyimpangan dana desa oleh Kades, ini kali ketiga kami datang ke insekpetorat mempertanyakan sejauh mana proses dari laporan masyarakat terkait penyimpangan dana desa yang di kelola oleh Kades Senibung sebab sudah berjalan sekitar 3 bulan laporan kami belum ada tindakan yang di ambil oleh dinas terkait.

Sesuai hitungan kami di lapangan negara telah di rugikan hampir 300 jt, mulai dari tahun 2017 sampai tahun 2019, dimana banyak proyek dari dana desa yang sampai saat ini belum di selesaikan salah satunya adalah gedung pertemuan atau aula yang sampai saat ini belum selesai, selain bangunan fisik juga terjadi mark up pembelian barang.

Tafsiran kerugian negara atas penyelewengan dana desa tahun 2017 sebesar Rp. 88.977.000, tahun 2018 dengan nilai 73.994.000, sementara tahun 2019 ada Rp.136.328.000, total dana desa yang tidak tersalurkan mulai dari tahun 2017/2019 sebesar Rp.299.299.000. dengan temuan kami di lapangan tersebut, kami sangat berharap kepada dinas terkait untuk segera mengusut tuntas dugaan penyelewengan dana desa tersebut, data dan dokumen sudah kami lampirkan di laporan tersebut, sehingga negara tidak di rugikan atas pengelolaan dana desa yang hanya menguntungkan kepala Desa senibung.

Kami atas nama BPD Desa Senibung sudah tiga kali melakukan panggilan ke Kepala Desa untuk rapat membahas permasalahan tersebut namun sampai sekarang yang bersangkutan tidak pernah hadir untuk menjelaskan pertanggungjawaban atas pengunaan dana desa tersebut pungkas Empinis.( yusri )

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *