Puskessos Desa Sengon,Trenggalek Permudah Akses Bantu Warga Miskin

156 0

Trenggalek,Infobanua.co.id – Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskessos) yang bergerak di 3  bidang pelayanan masyarakat, yaitu kesehatan, sosial dan pendidikan, sangat membantu bagi masyarakat miskin/rentan miskin.

Sebagai element terdekat yang langsung berhubungan dengan masyarakat, Puskessos juga untuk mempercepat akses pelayanan khususnya bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Kelompok sasaran puskessos adalah Warga miskin dan rentan miskin yang terdapat dalam basis data terpadu yang dihasilkan melalui PBDT atau yang ada dalam basis data Siskadasatu yang tinggal di Desa.

Kepala Desa Sengon, Dwi Yulianto menyampaikan, kelompok sasaran puskessos adalah warga miskin dan rentan miskin yang terdapat atau tidak terdapat dalam basis data terpadu yang dihasilkan melalui PBDT atau yang ada dalam basis data Siskadasatu yang tinggal di Desa atau Kelurahan

” Puskessos Desa Sengon, yang mengayomi sekitar 793 kepala Keluarga (KK) masyarakat menengah ke bawah keberadaannya sangat membantu warga dibidang kesehatan, sosial dan pendidikan,” ujar Dwi Yulianto,kepada Infobanua.co.id, Kamis (7/8/2020).

puskessos adalah program dari Pemerintah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu. Karena tugas puskessos sendiri adalah membantu masyarakat yang miskin/rentan miskin.

“Salah satunya adalah membantu warga yang tidak mampu, bila sakit dan harus dirujuk kerumah sakit puskessos Desa Sengon telah menyediakan mobil Siaga gratis,” jelasnya.

Lebih lanjut Kades muda ini mengatakan, “Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang ada di Desa memerlukan pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan dan itu salah satu tugas dan tanggung jawab puskessos,” ucapnya.

Sambung Dwi , ” Sebenarnya jajaran atau petugas Puskesos harus betul-betul orang yang berjiwa sosial, karena Puskessos bersentuhan langsung dengan masyarakat menengah ke bawah. Maka dari itu, kita harus siap siaga siang maupun malam, karena kita di sini kerjanya kerja sosial, jadi bilamana suatu waktu dibutuhkan oleh warga, kita harus siap sedia dengan segera dan semua itu gratis ,” jelasnya.

Terkait anggaran Puskessos, Pria kelahiran 1977 ini menyampaikan bahwa Pemkab Trenggalek telah menganggarkan dana sebesar Rp 20 juta per tahun melalui Bantuan Keuangan Khusus (BKK).

penulis : Sarno

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *