DARURAT CORONA SAMSAT PEMBANTU PULAU SEBATIK MEMBERIKAN PELAYANAN MUDA DAN CEPAT

202 0

Nunukan, infobanua.co.id – Tugas dan Fungsi Pos Samsat Pembantu pulau Sebatik.

Wiwin: Tugasnya yang pertama kalau masalah pajak penetapan untuk pajak kendaraan pemilik kendaraan bermotor yang belum memenuhi kewajibannya dalam pembayaran pajak tahunan khususnya kendaraan bermotor.

Tugas fungsi Pos Samsat Pembantu yaitu yang pertama dari Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah) merupakan organisasi atau instansi yang berada di bawah pemerintah daerah yang memiliki tanggung jawab dalam penerimaan pendapatan daerah melalui pengkoordinasian dan pemungutan pajak, retribusi, bagi hasil pajak, dana pertimbangan.

yang kedua pihak Jasaraharja yaitu yuran wajib dana SPDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) dan untuk polisi dari pihak Lantas itu pengesahan tahunan untuk (STNK) surat tanda kendaraan bermotor itu tugas dari pos pembantu.

Jurnalis :Jumlah kendaraan yang ada di wilayah sebatik ini sekitar berapa?

Wiwin:jumlah kendaraan 2000 lebih untuk kendaraan R2 atau Roda Dua dan R4 roda empat

Jurnalis: disebatik ada berapa jumlah kendarasn Roda 2 dan Roda 4 ,?

Wiwin jumlah kendaraan diwilayah pulau Sebatik tidak terlalu banyak hanya Roda Dua (2) hanya 8.662 sementara kendaraan Roda empat (4-6) hanya 721 Unit kendaraan.

karena penduduk pulau Sebatik nya juga kurang dan daya beli masyarakat, populasi penduduk nya dan tingkat ekonomi nya banyak yang mempengaruhi. Biasanya kalau kendaraan baru dari dealear untuk mengetahui jumlahnya.

Jurnalis : untuk memotivasi kendaraan yang berada di wilayah Sebatik itu bahwa masih banyak yang tidak pembayaran pajak karena masih berkaitan dengan masa cicilan, langkah samsat sebatik bagaimana mengantisifasi sehingga masyarakat sadar walaupun kendaraan itu masih dalam tahap cicilan.?

Wiwin:untuk masalah cicilan itu banyak kendaraan dari luar daerah contoh sulawesi , untuk prosesnya harus mutasi kendaraan dari sulawesi ke kalimantan Utara, jadi mereka harus mendaftarkan dulu daerah tempat kendaraan beroperasi memang saya melihat banyak kendaraan dari luar daerah beroperasi disebatik

Jurnalis: Bagaimna upaya samsat, Mobil sulawesi banyak beroperasi disebatik dan mobil tersebut membayar pajak di sulawesi, strategi samsat agar bisa membayar pajak kendaraan dimana kendaraan beroperasi,?

Wiwin kita memberikan himbauan ke masyarakat melalui Razia/Tilang sosialisasi baik melalui media maupun di jalan, itu upaya kita agar nantinya kendaraan yang luar daerah itu yang sudah lunas, karena Kalau dari lessing tidak bisa di mutasi kalau belum punya BPKB.

Samsat pembantu pulau sebatik menghimbau jika sudah lunas kendaraan itu supaya segera di mutasikan.

Jurnalis Bagaimana Agar pembayaran pajak setiap tahun ada peningkatan Pendapatan pajak kendaraan, strategi yang harus dilakukan.?

Wiwin: tahun 2020 ini kita ada program samsat keliling (samling) yang beroperasi kemungkinan besar kita akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat baik di Aji kuning, mantikas, bambangan, setabu, sungai taiwan kita akan mengarah kesitu untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

Lanjud Wiwin Andis Putra Pertama Drs Benyamin Anggalo Mantan kepala samsat kabupaten nunukan bahwa Kedepannya akan di bangun pament point bersama Bpd Kaltimkaltara itu yang sudah di lakukan di sebuku mungkin kedepannya akan di bangun di sungai taiwan, atau di mantikas. Di bambang nantinya akan di layani oleh samling, selain Itu perlu sosialisasi, Razia atau penagihan kemasyarakat.

Jurnalis:kalau dari kasat mata bapak melihat apa yang harus di lakukan oleh pemerintah dengan kondisi wilayah perbatasan ini supaya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan tahunan apa yang hrs dilakukan.?

menurut Wiwin Andis perbanyak sosialisasi dan jemput bola karena ini memerlukan kreatifitas untuk menunjang (PAD) Pendapantan Asli Daerah khususnya pajak kendaraan bermotor.

Kalau personil sudah mencukupi tinggal bagaimana kreatifitas membangun paiment poit di daerah-daerah yang belum terjangkau.

Jurnalis pemasukan kendaraan pajak tahunan khususnya pulau Sebatik?

Wiwin Penerima atau Pemasukan pajak tahun 2019 itu kurang lebih 1,2 Milyar, sementara
Tahun ini 2020 kita upayakan Bisa mencapai 1,3 Milyar tergantung nantinya bagaimana pergerakan karena ekonomi sekarang dalam situasi pandemi covid-19 orang lebih mementingkan kebutuhan hidup untuk sehari-hari tapi kalau biaya-biaya untuk membayar pajak kendaraan mungkin kita agak sulit memberikan pemahaman, karena sekarang tingkat ekonomi masyarakat Nunukan terhimbas dengan adanya pandemi Covid-19.”ujar wiwin selaku kepala pos samsat pembantu Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara

Amsal Yusuf

Related Post

There are 0 comments

  1. Pingback: DARURAT CORONA SAMSAT PEMBANTU PULAU SEBATIK MEMBERIKAN PELAYANAN MUDA DAN CEPAT | Covid19 in Indonesia

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *