SMSI

Bekas Asrama Mahasiswa Poltekkes Kota Blitar, Diincar Untuk Rumah Isolasi

Bekas Asrama Mahasiswa Poltekkes Kota Blitar, Diincar Untuk Rumah Isolasi
Kepala Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar, Hakim Sisworo.

Blitar – Pemeritah Kota (Pemkot) Blitar tidak jadi membangun rumah isolasi untuk pasien Corona Virus Disease-19 atau covid-19 di Puskesmas Pembantu (Pustu), melainkan dialihkan ke bekas asrama mahasiswa Poltekkes Kota Blitar.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, mengatakan bahwa, pembentukan rumah isolasi difokuskan di bekas asrama mahasiswa Poltekkes dan di RSUD Mardi Waluyo.

“Di Pustu tidak jadi, untuk rumah isolasi, tapi kami fokuskan di Poltekkes dan RSUD Mardi Waluyo,” kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, kepada awak media, Selasa 11-08-2020.

Menurut Hakim, bahwa Pemkot Blitar telah menyiapkan 27 tempat tidur untuk isolasi pasien covid-19 di bekas asrama mahasiswa Poltekkes Kota Blitar.

Sedang di RSUD Mardi Waluyo, disiapkan 13 tempat tidur untuk isolasi pasien covid-19.

“Untuk sarana dan prasarana di Poltekkes sudah siap, besok sudah bisa dipakai. Tapi, kami masih menunggu SOP dari Dinkes untuk memfungsikan rumah isolasi di Poltekkes,” jlentrehnya.

Masih menurut Hakim bahwa, pengelola rumah isolasi di Poltekkes dilakukan oleh relawan. Sedang yang merawat pasien tetap tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan.

“Kami juga dibantu TNI dan Polri untuk pengamanan rumah isolasi tersebut,” ungkap Hakim.

Lebih lanjut Hakim menerangkan bahwa, rumah isolasi ini digunakan untuk merawat pasien covid-19 yang kondisinya tanpa gejala.

Para pasien covid-19 tanpa gejala yang sebagian menjalani isolasi mandiri di rumah akan dipindah ke rumah isolasi ini.

Hal itu untuk mencegah penularan covid-19 ke anggota keluarga.

“Pengalaman yang sudah terjadi, pasien covid-19 tanpa gejala yang melakukan isolasi mandiri di rumah, justru menularkan ke anggota keluarganya. Makanya, mereka kami pindah ke rumah isolasi,” tegas Hakim.

Untuk diketahui, saat ini jumlah komulatif pasien konfirmasi covid-19 di Kota Blitar mencapai 58 orang.

Dengan rincian, pasien sembuh 40 orang, meninggal 05 orang, isolasi mandiri 03 orang, dan dirawat di Rumah Sakit Rujukan covid-19 sebanyak 10 orang. (eko)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan