Bupati HSU Hadiri Majelis Taklim Ponpes At-Taubah Lapas Kelas II B

46 0

Amuntai – Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) menghadiri kegiatan Pembinaan Ponpes dan Majelis Ta’lim Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) se Kalimantan Selatan. Kegiatan yang bertempat di Aula Lapas Kelas IIB Amuntai, Minggu (9/8) pekan tadi dihadiri langsung Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Kementerian Agama (Kemenag) RI DR. H. A. Juraidi, MA.

Pembinaan Pondok Pesantren (Ponpes) Terpadu At-Taubah ini mengusung tema “Mewujudkan Warga Binaan Permasyarakatan yang Berjiwa Santri dan Berkarakter” dihadiri pula ‎Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Kalsel Drs. H. Noorfahmi, MM dan Kadiv Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalsel Abdul Karim, Bc. IP, S. Sos, M. Si.

Direktur Penais Kemenag RI DR. H. A Juraidi, MA menyebutkan kegiatan ini merupakan kerjasama antara pihaknya dengan Kemenkum dan HAM RI tentang pendidikan pesantren yang dilakukan di seluruh Lapas di Indonesia. Ia menyatakan apresiasinya dengan Ponpes Terpadu At-Taubah di Lapas Kelas IIB amuntai ini.

“Kami sangat apresiatif dengan keadaan Ponpes Terpadu At-Taubah ini. Kegiatan pembinaan ini dilakukan agar nantinya para warga binaan yang dibina mempunyai bekal ilmu agama dan menjadi pribadi yang baik. Sehingga dapat diterima kembali di masyarakat begitu selesai menjalani pembinaan di Lapas Kelas IIB Amuntai ini,”terangnya.

Sementara itu Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M. Si mengucapkan selamat datang kepada Direktur Penais Kemenag RI di kota Amuntai. Bahkan orang nomor satu di bumi HSU Mantap ini sangat mengapresiasi pembinaan yang dilakukan khusus bagi warga binaan di Lapas Kelas IIB amuntai. 

“Kami sangat mendukung dilakukannya pembinaan bagi warga binaan di Ponpes Terpadu At-Taubah di Lapas Kelas IIB amuntai ini yang terencana dan terprogram dengan baik,” katanya.

Bupati Wahid berharap dengan pembinaan ini warga binaan bisa memahami dasar-dasar pentunjuk agama dalam hal membina dirinya  sendiri. Sehingga pada saat keluar dari Lapas  ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta keluarganya.

“Kami berpesan dan berharap semoga warga binaan tidak mengulangi kesalahannya kembali dan dapat memanfaatkan sisa hidupnya dengan baik,” tuturnya.

Selanjutnya Bupati HSU didampingi direktur penais Kemenag RI, Kapalas Kelas IIB Amuntai secara resmi membuka tirai Ponpes At Taubah. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan perjanjian kerjasama (MoU) tentang pembinaan Majelis Ta’lim At Taubah antara Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB dengan Kementerian HSU.

Fai/IB

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *