Kadiskop dan UKM Kalsel Bukan Pelatihan di HSU

108 0

Amuntai, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Pelatihan Perkoperasian dan Pembukuan Sederhana Usaha Mikro Kecil (UMK) di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Raja.

Pelatihan ini langsung dibuka Kepala Diskop dan UKM Kalsel H. Gustafa Yandi, Senin (10/8) kemaren. Ia mengatakan pentingnya peran mitra koperasi dalam perkoperasian. Terutama sekali untuk meningkatkan mitra koperasi sekaligus mengukur sejauh mana kapasitas peningkatan koperasi di daerah.

“Sehingga nantinya koperasi kita dapat bersaing dengan lembaga lainnya,” kata Yandi sapaan akrabnya.

Ia tidak menampik jika koperasi simpan pinjam saat ini kalah bersaing dengan lembaga lain. Bahkan menurutnya dengan lembaga tidak resmi seperti pinjaman online yang semakin masif pergerakannya.

“Di era teknologi sekarang ini persaingan semakin ketat. Maka dari itu kita harus bisa bersaing dengan lembaga
lainnya. Kerena kalau kita tidak lakukan itu, jangan menyesal kita akan ditinggalkan,” tegasnya.

Selain itu ia juga berpesan kepada seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk pentingnya memahmi tentang pembukuan sederhana tentang pengaturan keuangan. Supaya dapat mengetahui seberapa jauh usaha yang dilakukan apakah meningkat atapun sebaliknya.

“Jangan sampai ada penggiat UMKM yang tidak mengatahui cara melakukan pembukuan sederhana dalam mengatur menejemen keuangan yang baik dan benar,” pesannya.

Untuk itu ia mewanti-wanti seluruh peserta pelatihan tentang perkoperasian dan pembukuan sederhana UMK ini bisa diikuti sebaik-baiknya. Karena menurutnya pelatihan ini bisa memberikan menfaat di masa mendatang.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 30 peserta baik itu dari pengurus kopersi dan pelaku usaha UMKM yang berada di HSU. Kemudian pelatihan perkoperasian dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus sampai 13 Agustus 2020. Sedangkan pelatihan pembukuan sederhana dilaksanakan dari tanggal 10 Agusutus sampai dengan 18 Agustus 2020. Fai

Related Post

Hello world!

Posted by - Desember 6, 2012 0
Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *