Pemkab HSU Lakukan Tes Swab Masif 200 Orang Perhari

145 0

Amuntai – Kabupaten Hulu Sungai Utara mulai tanggal 14-17 Agustus sudah siap melakukan tes swab secara masif, berdasarkan surat keputusan bupati HSU berkenaan dengan tim swab masif juga sdh dikordinasikan.

Dalam laporannya Sugeng tak lupa menyampaikan terimakasih kepada provinsi yang telah mengirim VTM ( Viral Transport Medium) yang merupakan media pembawa spesimen lendir hidung dan tenggorokan.

Dalam tes swab masif kali ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu pertama masyarakat umum dengan jumlah 110 orang diambil dari 13 puskesmas yang ada dimana secara umum sama dengan kabupaten lain. Warga yang diambil pada swab masif ini mereka yang memiliki kriteria kontak erat dengan pasien yang positif kemarin dan juga mereka yang memiliki resiko tinggi.
Kemudian kelompok kedua yaitu kelompok tertentu bisa diambil dari SKPD, dari kecamatan, kepala desa, juga lurah, dan juga berdasarkan prioritas yang artinya SKPD tertentu misal di Rumah Sakit yang ada kasus positif, disitu yang menjadi prioritas dan itu kurang lebih 700 orang.
“Memang dari target yang disampaikan oleh provinsi untuk kabupaten HSU diberikan target 503, namun kami berupaya agar nanti pada pelaksanaannya nanti 503 orang itu merupakan target minimal, serta VTM yang di berikan oleh provinsi 550 orang. Sedangkan yang ada di kabupaten ada 200-an jadi kemungkinan nanti ada kekurangan dan sekiranya ada kekurangan kami mohon bantuannya seandainya ada tambahan sasaran atau warga yang kita ambil swab.”

Untuk pelaksanaan tes swab ini dipusatkan di halaman Dinas Kesehatan kab HSU. Yang mana akan dilaksanakan selama 4 hari dengan rincian hari pertama sebanyak 236 orang, hari kedua 219 orang, hari ketiga 211 orang, dan hari keempat 215 orang. Dengan petugas 4 orang dari Dinas Kesehatan, 6 orang dari Rumah Sakit serta bantuan dari 13 puskes yang ada di Kab HSU dan 13 petugas surveilans. Untuk kordinasi sampai sejauh ini alhamdulillah untuk HSU kordinasi dengan TNI POLRI berjalan lancar dan bagus, mudah mudahan pada pelaksanaannya kami di bantu dengan pengamanan dari TNI maupun POLRI.

Dalam kesempatan ini juga sugeng meminta izin atas tanggal 17 diundur ke tanggal 18 karena pada tanggal 17 merupakan hari HUT RI(Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia) dan juga di karenakan tanggal merah, serta hari keempat nanti akan dialokasikan untuk SKPD.

Fai/IB

Related Post

Wabup dan BI Tandatangani MoU

Posted by - Juli 26, 2020 0
Amuntai – Desa Kayakah Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendapat perhatian perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan.‎…

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *