PKK Tapin Bakal Kampanyekan Gebrak Masker Dari Rumah Ke Rumah

  • Whatsapp

RANTAU,- Tim Penggerak PKK berupaya menjadi terdepan dalam tanggung jawabnya mengatur gerakan perilaku sosial masyarakat untuk mematuhi standar protokol kesehatan dalam situasi masa pandemi Corona Covid-19.

Ketua PKK Provinsi Kalsel, Hj.Raudatul Janah menggelar rapat melalui video converensi daring dan dihadiri Ketua PKK Tapin Hj.Ratna Ellyani bersama Tim Pokja. Kamis (13/8) bertempat di rumah jabatan Bupati.

Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel bersama PKK Kabupaten Tapin persiapkan kegiatan Gerakan Bersama Menggunakan Masker atau Gebrak Masker di Kabupaten Tapin. Hal itu sesuai instruksi Presiden Jokowi kepada Mendagri RI untuk melibatkan Tim Penggerak PKK dalam upaya pemerintah menjalankan programnya. Termasuk pula dalam menggalakan kampanye penggunaan masker door to door dari rumah ke rumah warga desa nantinya, karena peran Ibu-ibu Tim Penggerak PKK sangat efektif dalam urusan masker ini.

Ketua PKK Provinsi Raudatul Jannah dalam arahannya menjelaskan bahwa Gebrak masker memiliki maksud dan tujuan yaitu Gerakan Bersama Menggunakan Masker, kegiatan ini dilaksanakan setelah sebelumnya dilakukan rapat bersama Mendagri, Menteri Pemerintahan dan Desa, Ketua Umum PKK pusat, BNPB.

“Tindakan ini nantinya dilakukan secara berjenjang mulai dari pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga ke desa,”jelasnya.

Penularan Covid-19 ini, sebagaimana diketahui juga dapat menular melalui udara sehingga penggunaan masker ini sangat penting dilakukan melalui gebrak masker ini. Diharapkan semua pihak dapat menyamakan persepsi, selalu kordinasi dan jalin komunikasi demi suksesnya gebrak masker ini.

Sementara di Kabupaten Tapin sudah melaksanakan itu lebih dahulu.Pihaknya mengaku sudah kampanyekan melalui kadernya diantaranya dengan cara membagikan masker kepada masyarakat.

Demikian diungkapkan Ketua PKK Kab Tapin Hj Ratna Ellyani kepada sejumlah wartawan Tapin.

Kita akan segera menindaklanjuti kegiatan gebrak masker yang diminta oleh PKK Provinsi sebagai garis koordinasi. Bahkan kami mendukung kegiatan ini.

Masih banyak warga Tapin yang tidak patuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.Seperti tidak mengenakan masker di tempat umum mulai di jalan hingga tempat kerumunan seperti pasar. Tidak semua warga Tapin mematuhi protokol kesehatan Corona Covid-19. Alasannya pun beragam mereka dalam memahaminya.

Hal inilah yang sedang diupayakan PKK Propinsi Kalsel dan PKK Kabupaten Tapin dalam Gerakan Bersama Menggunakan Masker (Gebrak Masker) yang sasarannya adalah warga terutama mereka yang tidak patuhi protokol kesehatan. Bahkan tak lepas kemungkinan PKK Tapin bakal kampanyekan Gebrak Masker dari rumah ke rumah melalui bantuan dana desa, jika program gebrak masker ini mulai terealisasi pihaknya berupaya merubah mindset warganya untuk mematuhi protokol kesehatan.

Ketua PKK Tapin, Hj Ratna mengatakan pihaknya sudah melaksanakan pembagian masker kepada masyarakat sebanyak 10 ribu masker. Selain itu, berbagai organisasi, perusahaan, dan kelompok di Tapin juga telah membagikan masker kepada masyarakat di Tapin.

Bahkan Bupati Tapin telah menginstruksikan kepada pemerintahan desa agar dapat menganggarkan dana desa untuk pembelian masker.

“Sehingga jumlah masker yang dibagikan kepada masyarakat telah 100%, “jelasnya.

Pihaknya mendukung pelaksanaan kegiatan Gebrak Masker setelah rapat melalui vicon bersama PKK Provinsi Kalsel. Bahkan pihaknya langsung menindaklanjuti dengan mengundang dinas terkait untuk segera merealisasikan gebrak masker ini.

Reporter Nasrullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *