11 Penghuni Rutan Rantau Dinyatakan Reaktif

27 0

RANTAU,- 11 Penghuni Rutan Kelas II B Rantau dinyatakan reaktif pasca rapid test yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Selanjutnya, ke-11 napi tersebut langsung dikarantina dan menjalani swab test hari Rabu (26/8) ini.

Dikonfirmasi, PLT.Kepala Rutan Kelas II B Rantau
Rahmat Pijati membenarkan 11 warga binaannya dinyatakan reaktif Covid-19 pasca hasil rapid test yang diikuti sekitar 279 tahanan di rutan ini pada 19 Agustus 2020.

“Ke-11 tahanan yang reaktif itu langsung kita karantina di ruang tahanan blok tersendiri yang berbeda dengan lainnya.Selanjutnya, sampai hari ini mereka menjalani swab test dengan hasilnya diperkirakan dua tiga hari kedepan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,”katanya.

“Diharapkan dari ke-11 warga binaan kita ini, hasil Swab Test mereka negatif. Dan kalau pun dinyatakan ada yang positif, kita langsung lapor kepada pimpinan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Kalsel untuk meminta petunjuknya memindahkan mereka ke rutan di Banjarbaru yang diketahui memang sebagai tempat ruang isolasi napi penderita Covid-19,”katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Tapin, Drs.H. Alfian Yusuf mengatakan di rutan ini awalnya tujuannya skrining menggunakan metode rapid test sesuai juknis rapid test dapat digunakan untuk memeriksa sekelompok orang yang berkumpul dalam waktu 1 x 24 jam di tempat-tempat tertentu.

“Ternyata hasilnya dari rapid test di Rutan Rantau dari jumlah 279 tahanan itu, 11 tahanan diantaranya dinyatakan reaktif. Kemudian hari ini tindak lanjutnya dilakukan kembali swab test dengan hasilnya diperkirakan sekitar dua tiga hari kedepan,”katanya.

“Jika hasil dari swab test tersebut ternyata ada yang dinyatakan positif mau tidak mau harus dilakukan isolasi dan Rutan Rantau harus memiliki ruang isolasi tersendiri bagi mereka,”katanya.

Reporter Nasrullah

Related Post

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com