infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Bupati Ingatkan Kepala Desa Dan RT Terus Bersinergi Dalam Penanganan Dampak Pandemi

Bupati Ingatkan Kepala Desa Dan RT Terus Bersinergi Dalam Penanganan Dampak Pandemi

BATULICIN –Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor menyampaikan. Desa dan Kelurahan, RT merupakan bagian jung tombak Pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dengan demikian, ditengah pandemi ini peranan RT yang harus dijalankan melalui koordinasi pihak Kepala Desa dan Kelurahan sehingga segala permasalahan warga yang ada dapat diselesaikan bersama.

Hal ini dia ungkapkan saat membuka sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 28 Tahun 2020, Selasa (01/09/2020) di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir.

“Saya optimistis segala persoalan warga terkait Bansos atau BLT dan lainnya dapat terselesaikan, dan tepat sasaran asalkan Kepala Desa dan RT saling bekerjasama menghimpun data secara obyektif di lingkungan nya masing,”kata Bupati dihadapan RT se Kecamatan Kusan Hilir.

lanjut Bupati, musim pandemi sudah mendekati 6 bulan berjalan,tentu mata rantai persoalan tidak cukup pada penanganan Covid saja. Pemerintah serta merta turut menyalurkan berbagai bentuk jaring pengaman sosial masyarakatnya.

Belum lagi katanya dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat penyebaran Covid selama ini. Tentu masyarakat dihadapkan pada persoalan ekonomi yang cukup serius.

“Justru penyaluran dari bentuk jaring pengaman sosial seperti Bantuan Langsung Tunai atau bantuan sembako ini yang sedikit mampu meringankan penderitaan warga yang terdampak, dengan harapan bantuan diberikan dapat tepat sasaran, “kata Bupati.

Kendati demikian , Bupati berharap Kepala Desa dan RT harus saling sinergi dan tak lepas koordinasi terkait data warga dilapangan sebelum diversifikasi dinas terkait.

“Kalau ada kesalahan verifikasi data dari Dinas terkait yang mengakibatkan tidak tepat nya sasaran bantuan di RT masing masing, maka silahkan laporkan langsung kepada saya,”tegasnya.

Begitu pula tambahnya, misalnya ada rencana bantuan bedah rumah pun RT harus dilibatkan pihak kepala Desa kedalam bentuk tim, sehingga lebih memudahkan verifikasi dari pihak Dinas Sosial.

“RT memang harus dilibatkan dimana saat Dinas terkait memverifikasi data warga yang dapat bantuan bedah rumah akan lebih mudah, kerena RT lebih tahu warga mana yang layak di bantu, “paparnya. ( Roni )

Bagikan:

Iklan