IDM Kabupaten Kapuas Tahun 2020 Menunjukan Trend Positif

  • Whatsapp

KUALA KAPUAS – Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan , ukuran tingkat perkembangan Desa berdasarkan typologinya. Berdasarkan hasil pengukuran Tahun 2020 terhadap 214 Desa di Kabupaten Kapuas telah menunjukan hasil yang menggembirakan, dimana pada tahun 2019 secara umum IDM Kabupaten Kapuas masih berada pada status Tertinggal, namun untuk tahun 2020 Kabupaten Kapuas telah berhasil meningkatkan statusnya menjadi Berkembang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas Yanmarto saat ditemui usai melaksanakan rapat bersama di Ruang Rapat Bupati, Selasa (1/9/2020) siang.

Ia menjelaskan pengukuran IDM yang dikembangkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sejak tahun 2015 itu didasarkan pada 3 (tiga) indikator utama meliputi Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indek Ketahanan Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL).

“Indikator yang dikembangkan dalam IDM berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan, dimana aspek sosial, ekonomi dan ekologi menjadi faktor yang saling mengisi dalam menentukan status kesejahteraan masyarakat desa,” terangnya.

Lebih lanjut, Yan Marto menjelaskan adapun hasil pengukuran IDM Tahun 2020 di Kabupaten Kapuas adalah menunjukan trend yang positif dengan telah munculnya satu Desa dengan status Desa Mandiri untuk pertama kali di Kabupaten Kapuas yaitu Desa Bungai Jaya di Kecamatan Basarang. Selanjutnya jumlah Desa Maju bertambah dari 6 di tahun 2019 menjadi 8 desa di tahun 2020.

Kemudian jumlah Desa Berkembang bertambah dari 59 desa di tahun 2019 menjadi 94 desa di tahun 2020, sedangkan Desa Tertinggal berkurang dari 116 di tahun 2019 menjadi 104 desa di tahun 2020 dan Desa Sangat Tertinggal berkurang dari 30 Desa di tahun 2019 menjadi 7 Desa di tahun 2020.

Untuk 3 (tiga) indikator utama meliputi Indeks Ketahanan Sosial (IKS) dengan capaian 0,70, Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) dengan capaian 0,45 dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL) dengan capaian 0,63. Sehingga capaian rata rata Kabupaten Kapuas mencapai 0,60 atau dengan kriteria status Berkembang. Ketiga indek utama ini menunjukan bahwa seluruh stake holder telah bekerja secara sistemik di Desa, terutama Pemerintah Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi serta Pemerintah Pusat.

Dalam kesempatan itu, Kepala PMD Yan Marto tidak lupa menyampaikan rasa bangga dan ucapan terima kasih kepada seluruh Pemerintah Desa yang telah bekerja keras membangun desanya masing masing sehingga menunjukkan perkembangan yang positif. “Saya berharap Anggaran Dana Desa dan Dana Desa dapat lebih fokus digunakan untuk memperbaiki indikator-indikator yang masih kurang terutama Indeks Ketahanan Ekonomi melalui pengembangan sektor ekonomi desa,” katanya sehingga status yang ada dapat kembali ditingkatkan.

Menurutnya yang menjadi pekerjaan ke depan adalah bagaimana desa mampu menggali potensi Pendapatan Asli Desanya masing-masing sebagai syarat utama untuk menuju desa yang maju selanjutnya bisa mandiri. Selain itu bagaimana desa juga lebih fokus terhadap aspek pemberdayaan yang masih perlu dioptimalkan seperti penanganan stunting melalui penyediaan sarana air bersih layak minum, sanitasi, Pemberdayaan Posyandu, PAUD, Kader KPM dan upaya penanganan stunting lainnya, sehingga desa dapat mewujudkan kesejahteraan dalam segala aspek.

“Secara khusus kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S. Bahat dan Wakil Bupati Bapak H.M. Nafiah Ibnoor beserta seluruh OPD terkait yang dengan perhatian penuh telah mengarahkan kebijakan yang pro Desa, terutama dengan membuka akses pembangunan ke desa desa yang tertinggal dan sangat tertinggal melalui pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta infrastruktur lainnya sehingga banyak desa yang semula sangat terpencil terbuka aksesnya sehingga dapat membangun lebih cepat imbuhnya. (hmskmf).

Sumber: kip.kapuaskab.go.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *