infobanua.co.id
Beranda Jawa Barat Bupati Ciamis Serahkan Mobil Maskara Untuk 6 Desa Yang Berprestasi

Bupati Ciamis Serahkan Mobil Maskara Untuk 6 Desa Yang Berprestasi

Ciamis infobanua.co.id – Sebanyak 6 desa berkategori mandiri dan berprestasi di wilayah Tatar Galuh Ciamis mendapat kendaraan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Diketahui sebelumnya, ada 11 Desa di Kabupaten Ciamis yang telah mendapatkan Mobil Maskara dari Gubernur Jawa Barat yang diserahkan pada Bulan Desember 2019 kemarin.

Penyerahan mobil multiguna Maskara berlangsung di teras depan Pendopo Bupati Ciamis, Senin (28/9/2020).

Dalam sambutannya Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan terimakasih kepada Kepala Desa yang sudah mempunyai kreasi inovasi sehingga bisa mendapatkan reward dari pemerintah provinsi berupa satu unit mobil maskara.

“Kita jangan cepat berpuas diri, inovasi dan kreasi terus dikembangkan mudah-mudahan Desa lain bisa menyusul,” katanya

Menurutnya, dengan adanya mobil multifungsi Maskara dapat membantu Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini akan membantu tugas Pak Kuwu dan Pemerintah Desa dalam pelayanan pada masyarakat, tingkatkan terus dan manfaatkan fasilitas yang diberikan,” imbuhnya.

Herdiat mengingatkan agar pemeliharaan Mobil Maskara agar diperhatikan dan dirawat agar bisa digunakan untuk operasional dengan baik kedepannya.

“Tolong supaya supirnya khusus, jangan sampai setiap orang memakai terutama yang tidak sesuai kemampuannya, serta perawatan mobil agar diperhatikan secara rutin.

Ia juga menambahkan agar Mobil Maskara digunakan untuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Saya titip kepada Kepala Desa agar disetiap kesempatan apapun tolong sosialisasikan pencegahan COVID-19 dan jangan anggap remeh pandemi ini,” ujar Herdiat Sunarya.

“Mohon kerjasamanya, kepada seluruh jajaran agar terus sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap mengajak melaksanakan Protokol Kesehatan,” imbuhnya.

Mobil bantuan Gubernur Jabar Ridwan Kamil tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya kepada kepala desa penerima.

Sementara itu Plt Kepala Dinas DPMD Ciamis sekaligus Asisten Daerah I Ciamis, Ika Darmaiswara mengatakan, mobil Maskara yang diserahkan merupakan tahapan yang ke-2.

“Manfaat mobil Maskara ini adalah mobil angkutan untuk pertanian, dan untuk acara hiburan atau panggung hiburan, terutama dalam rangka sosialisasi Protokol kesehatan oleh desa, agar masyarakat betul-betul menggunakan protokol kesehatan.

“Sesuai Instruksi Bupati, sosialisasi Pencegahan COVID-19 agar dilakukan di setiap kesempatan, hal ini dilakukan agar memutus mata rantai dan perkembangan COVID-19,”

Enam desa berprestasi penerima mobil Maskara yakni.
1.Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari
2.Desa Cieurih, Kecamatan Cipaku
3.Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu
4.Desa Kujang, Kecamatan Cikoneng,
5.Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari
6.Desa Situmandala, Kecamatan Rancah

Ika menjelaskan, untuk Kriteria reward yang diberikan harus memiliki strata mandiri, selain itu reward juga diberikan kepada Desa yang memiliki Prestasi.

“Jadi manakala yang berprestasi walaupun belum menyandang strata desa mandiri bisa mendapatkan MASKARA kemudian nantinya di dorong bagaimana untuk bisa meningkatkan strata kedepannya,” jelasnya.

( Mahendra / Ani Supiani, ST., M.Si )

Bagikan:

Iklan