Dukung UMKM Kalimantan di Masa Pandemi, Pertamina Kembali Salurkan 2,5 Milyar Pinjaman Modal Usaha Kemitraan

  • Whatsapp

BALIKPAPAN – Pertamina salurkan pinjaman modal usaha kemitraan kepada pelaku UMKM di Kalimantan sejumlah 2.5 Milyar rupiah yang diserahkan oleh Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Roberth MV Dumatubun, kepada 29 pelaku UMKM yang tersebar di 3 (tiga) provinsi di Kalimantan yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan bertempat di Gedung Annex Kantor Pertamina MOR VI Kalimantan, Selasa (13/10).

UMKM penerima pinjaman modal usaha ini memiliki usaha yang bervariatif mulai dari perdagangan, jasa dan industri. Adapun jumlah pemberian pinjaman Program Kemitraan per sektor adalah industri Rp 1.140.000.000,- , sektor jasa Rp 640.000.000,- dan sektor perdagangan Rp 775.000.000

Tujuan pemberian dana Program Kemitraan untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam berusaha dalam bentuk pinjaman dana bergulir. Di tengah pandemic Covid 19 ini, banyak UMKM yang terdampak dan memerlukan suntikan modal untuk mulai bangkit dan menata usahanya

“Pinjaman modal usaha ini merupakan Program Kemitraan sebagai salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Pertamina kepada masyarakat sekitar. Program Kemitraan Pertamina sendiri sudah ada sejak tahun 1993 yang merupakan mandat dari Kementerian BUMN yang wajib dilaksanakan oleh seluruh BUMN yang ada di Indonesia,” ujar Roberth MV Dumatubun pada acara akad penyaluran siang tadi.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pertamina yang sudah memberikan bantuan hingga pembinaan kepada kami pelaku UMKM. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, para pelaku UMKM sangat membutuhkan dukungan agar usaha kami tetap berlanjut, tidak hanya modal usaha tapi dukungan agar kami bisa tetap bertahan di tengah masa masa sulit seperti sekarang ini. Sekali lagi kami sangat berterimakasih kepada Pertamina,” ujar Siti Hairiah salah satu UMKM dari Kabupaten Paser.

Di tahun 2020, Pertamina telah menyalurkan 12,5 Milyar rupiah pinjaman modal usaha kepada pelaku UMKM yang tersebar di seluruh provinsi di Kalimantan dengan rincian per sektor adalah sektor perdagangan sebesar 5,2 Milyar Rupiah, sektor industri 2,9 Milyar Rupiah, sektor jasa 3,8 Milyar Rupiah, peternakan 310 juta rupiah dan perkebunan 347 juta rupiah.

Selain pinjaman modal usaha, Pertamina juga memberikan pembinaan demi keberlanjutan dan perkembangan usaha UMKM yang sudah menjadi mitra binaan Pertamina, mulai dari pelatihan, pameran, hingga workshop kegiatan. Salah satu kegiatan pembinaan yang telah berlangsung di 2020 adalah kegiatan Pertamina SMEXPO 2020 yang diadakan bulan September 2020 sebagai ajang pameran dan pelatihan UMKM yang dijalankan secara virtual.

Rel/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *