PT Pertamina Berdayakan UMKM Kalsel agar Mandiri dan Berkembang

  • Whatsapp

Banjarmasin – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Banjarmasin mengaku bersyukur dan terbantu oleh program kemitraan PT Pertamina (Persero). Saat ini mitra binaan PT Pertamina jumlahnya sudah mencapai 700 kelompok UMKM yang tersebar di kota/kabupaten di Kalsel — yang merupakan mitra binaan dari tahun 1993 sampai 2018. Mulai sektor usaha perdagangan, peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian, industri, jasa, dan lain-lain.

Berikut testimoni salah satu pelaku UMKM yang dibantu oleh Pertamina, yang merasakan manfaat bantuan modal usaha termasuk pembinaan yang telah diberikan.

Salah satunya, UMKM milik Rini warga Kota Banjarmasin ini merasakan manfaat bantuan modal usaha dan  pembinaan dari PT Pertamina. Usaha makanan amplang Rini makin berkembang, bahkan Rini Amplang sudah masuk ke ritel modern, seperti Alfamart di Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura. Rini juga sering mengikuti pameran di luar daerah, diantaranya di Batam, Jakarta, Surabaya, Bogor, Malang.

“Kami sangat diperhatikan oleh Pertamina, selain diberi bantuan modal usaha juga dibimbing, agar produk usaha saya go nasional bahkan manca negara, lewat pemasaran secara online,” katanya, Jumat (16/10/2020).

Menurut Rini, usaha amplang miliknya sudah mengantongi sertifikasi halal dan sertifikat kelayakan pengolahan (SKP). Berkat pembinaan PT Pertamina, produksi amplang Rini rata-rata per minggu mencapai 3.500 bungkus, dimana satu bungkus amplang dijual Rp 7.500. Dengan ankea rasa, yakni pedas, balado dan keju, namun konsumen lebih banyak memilih orisinil.

“Semoga Rini Amplang produk asli Kota Banjarmasin bisa dikenal di pasaran luar negeri. Untuk itu kami terus melakukan inovasi produk dan menjaga kualitas produk amplang saya,” katanya.

Ida Yusnita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *