Anggota Barito Mania Batulicin Donor Darah untuk Tingkatkan Imun Tangkal Covid-19

  • Whatsapp

TANAH BUMBU, infobanua.co.id – Momen anniversary ke-7 Barito Mania (Bartman) Batulicin yang tergabung dalam Super Soccer Batulicin diperingati dengan mengikuti kegiatan aksi donor darah. Untuk meningkatkan kesehatan dan imun tubuh, agar tak mudah terserang penyakit dan tangkal covid-19.

Acara yang dihelat di Lesehan Alam Sari, Sungai Dua, Kecamatan Sungai Dua, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan Rabu (21/10/2020).

Komunitas Super Soccer lainnya seperti UI Batulicin, RCI Tanah Bumbu, dan Bonek Batulicin juga ambil bagian. Begitu pula dengan klub motor Supermoto Batulicin dan HSFCI Tanah Bumbu yang tergabung dalam Bold Riders Batulicin.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari Super Adventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Koordinator acara Fatchurrachman Rizki Fauzi mengatakan kegiatan ini diikuti 45 peserta. Tetapi dalam proses screening, 16 diantaranya tidak lolos. Karena itu, dari hasil kegiatan donor darah ini terkumpul 29 kantong darah.

“Setelah mengikuti donor darah, teman-teman merayakan ulang tahun ke-7 Bartman Batulicin. Dalam perayaan ini ada hiburan, makan-makan, dan potong tumpeng. Jadi teman-teman lintas komunitas ini ikut berbaur sebagai wujud kebersamaan dalam momen anniversary Bartman Batulicin ini,” tutur Fauzi.

Dalam acara ini, para peserta donor juga berhak atas undian. Mereka yang beruntung bisa mendapatkan sejumlah hadiah seperti speaker aktif untuk handphone, power bank, head set, tripod handphone, dan lain sebagainya. Pungkasnya.

febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *