Syaifullah Tamliha : Kunjungan PM Jepang Bukti Pentingnya Indonesi Bagi Jepang

  • Whatsapp

Jakarta – Anggota Komisi I DPRRI Syaifullah Tamliha menyambut baik atas kunjungan Perdana Menteri Jepang yang baru Yoshihide Suga ke Indonesia hendaknya jadi momentum untuk memperkuat hubungan kedua negara.

“Kunjungan Perdana Menteri baru Jepang ke Indonesia harus kita sambut dengan hangat dan ini memberikan petunjuk tentang pentingnya posisi Indonesia bagi Jepang baik bidang ekonomi, politik dan pertahanan”,kata Syaifullah Tamliha,lewat pesan singkat Whatsapp,Rabu (21/10/2020)

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (20/10). Pertemuan tersebut dilakukan dalam perhentian kedua lawatan luar negeri pertama Suga sebagai perdana menteri. Kunjungan Suga ini secara khusus ditujukan untuk mewujudkan usaha pemerintahnya dalam mengatasi pengaruh China yang kian berkembang di kawasan Asia Tenggara.

Jepang juga berharap bisa memperkokoh hubungan dengan Indonesia dan menjalin kesepakatan transfer peralatan dan teknologi pertahanan.

Dalam pernyataan persnya saat tiba di Istana Bogor, usai pertemuan dengan Jokowi, Suga menegaskan pentingnya mewujudkan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dalam kerjasama ekonomi dan keamanan untuk melawan kekuatan China yang berkembang dan keagresifannya dalam pertikaian dengan negara-negara lain mengenai Laut China Selatan,seperti di lansir dari VOA Indonesia,Selasa (20/10/2020).

Suga juga mengungkapkan, penghormatan Jepang pada sistem internasional yang berbasis peraturan menjadikan Jepang mitra yang lebih baik dari China bagi negara-negara Asia Tenggara. Berbeda dengan Jepang, Beijing menolak mengakui keputusan pengadilan internasional atas klaim wilayahnya di Laut China Selatan.

indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *