Warga Yang Penasaran Terhadap Kualitas Proyek Fisik TNI di Kalinusu Brebes

  • Whatsapp

BREBES, infobanua.co.id – Pembangunan infrastruktur di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berupa pembukaan dan pengerasan badan jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, terus menarik sejumlah kalangan untuk melihat karya gotong-royong lintas sektoral dan melibatkan seluruh pihak di desa tersebut.

Salah satu pihak yang penasaran yakni Narko (45), warga Desa Taraban, Kecamatan Paguyangan, Brebes.

Tampak dirinya secara sengaja datang ke Desa Kalinusu untuk melihat langsung hasil pembangunan akses jalan penghubung antara Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri, Kalinusu, dimana jalan itu benar-benar baru dan berada di tengah-tengah hamparan persawahan masyarakat setempat dan para pemilik lahan di desa/kecamatan tetangganya, yaitu Bantarkawung. Senin (26/10/2020).

“Saya memang bulan lalu sudah mendengar dan melihat pemberitaan di media massa, bahwa ada TMMD di Desa Kalinusu, dimana sasaran utamanya adalah membangun jalan tembus ke dusun yang terisolir, yaitu Dusun Kedung Kandri,” ucapnya.

Saat melihat langsung di lapangan, Narko menyatakan bangga karena jalan tersebut jelas akan berdampak yang luar biasa bagi kemajuan seluruh masyarakat Kalinusu, yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan peternak.

Terlebih bagi warga Dusun Kedung Kandri, jalan yang benar-benar baru itu telah berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan dari berbagai bidang, yaitu pertanian, perdagangan, transportasi, pendidikan dan pelayanan kesehatan, maupun pelayanan adminduk di Balai Desa Kalinusu.

Ia meyakini, pekerjaan yang dilakukan bersama segenap ormas dan pelajar di Kecamatan Bumiayu dan juga segenap komponen masyarakat setempat, serta sejumlah tukang bangunan profesional dari TNI maupun masyarakat, hasilnya jelas maksimal sehingga akan membuat jalan itu awet.

Kini dengan adanya akses jalan itu, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desa/kecamatan tetangganya, yaitu Bantarkawung.

Pasalnya, sekarang mereka bisa mendapatkannya di wilayah desanya Kalinusu, dengan langsung melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor. Pun di desa tetangganya yaitu Desa Kaliwadas dan juga Desa Bumiayu.

“Memang beruntung bagi desa yang mendapatkan program pembangunan pemerintah melalui TMMD Reguler, karena selain infrastruktur desa, juga ada penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi, dan juga pelatihan, serta berbagai macam bantuan sosial,” pungkasnya. (HS/Rus/Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *