infobanua.co.id
Beranda BANJAR KLHS RPJMD Dibahas Secara Virtual

KLHS RPJMD Dibahas Secara Virtual

MARTAPURA – Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar, membuka Kegiatan Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2025 secara Virtual

Bertempat di Aula Barakat Martapura dilaksanakan Uji Publik II Kegiatan Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Senin(26/10/2020)pagi.

Dibuka oleh Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narindra, dihadiri Sekda Banjar HM Hilman, Tenaga Ahli Pendamping KLHS RPJMD H Gusti Muhammad Hatta beserta jajaran, Mantan Sekda Banjar H.Nasrunsyah, dan tamu undangan lainnya secara virtual.

Dalam arahannya Sekda Banjar HM Hilman mengatakan seiring dengan rencana pelaksanaan pilkada secara serentak, dari RPJMD ini yang nanti akan disusun berdasarkan visi misi dari Bupati dan Wakil Bupati terpilih merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang memiliki dampak luas terhadap wilayah Kabupaten Banjar dengan adanya kebijakan, rencana dan program kegiatan yang termuat didalamnya.

“Diwujudkan semua itu mulai sebuah paradigma pembangunan berkewajiban menempatkan setiap upaya pembangunan dalam kondisi proporsional terhadap aspek sosial, ekonomi dan lingkungan hidup sehingga hasil pembangunan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat”, Harapnya.

Sebelum RPJMD itu disusun berdasarkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya pada tahun ini kita sudah mempersiapkan lebih dulu berdasarkan amanah pelaksanaan penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Banjar, dimana kita akan mengkaji dari isu strategis berdasarkan capaian indikator yang ada pada saat ini.

“KLHS yg disusun ini benar-benar menjadi penunjang agar RPJMD yang nantinya akan disusun bisa tepat seperti yang sudah kita inginkan dengan memperhatikan paradigma pembangunan yang berkelanjutan”, Ucapnya.

Kemudian Tenaga Ahli Pendamping KLHS RPJMD H Gusti Muhammad Hatta mengungkapkan hari ini kita sudah memasuki tahap yang menjelang akhir yaitu konsultasi publik yang kedua.

Uji Publik yang kedua ini kita lebih kepada mencarikan alternatif program atau kegiatan dalam rangka pencapaian pembangunan berkelanjutan, jadi alternatif ini disusun berdasarkan setelah kita analisis bersama dari 223 tujuan pembangunan berkelanjutan, setelah dianalisis ternyata ada sekita 54 yang belum mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Yang perlu harus kita ingat adalah apa yang kita buat nanti jangan lepas dari nomenklatur yang telah dibuat oleh kemendagri.

“Kami disini sifatnya menyiapkan ruang yang sesuai dengan hasil analisis dari mana yang belum kita capai, dan kami bersifat terbuka”,Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar Galuh Tantri Narindra menambahkan kegiatan ini sudah didalam tahapan akhir penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dengan harapan ini bisa menjadi acuan kita dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banjar yang akan kita susun pada tahun 2021-2025 sebagai dasar pembangunan nanti selama 5 tahun kedepan.
Fad/IB

Bagikan:

Iklan