Badan Jalan Provinsi Palembayan Menuju Simpang Patai Palupuh Retak dan Rusak Parah

  • Whatsapp

Palembayan (Agam) Infobanua.co.id – Proyek Pengerjaan jalan Tahun Anggaran 2019 dan selesai pengerjaan awal tahun 2020 yang dikerjalan PT. Lubuk Minturun Konstruksi Persada dengan kuncuran dana APBN kurang lebih 23 Miliar untuk akses jalan Provinsi Kecamatan Palebayan – simpang patai (Palupuh) kembali dikeluhkan warga. Salah satunya, Proyek Peningkatan pelebaran dan perbaikan Jalan Provinsi yang terletak di nagari Ampek koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam – Sumatera Barat yang saat ini masih dalam pemeliharaan.

Diperkirakan akibat labilnya ketahanan tanah badan jalan dan Dam man yang kurang kokoh juga turunnya hujan sejak beberapa hari terakhir mengakibat jalan Provinsi di Kecamatan Palembayan ke simpang Patai Kecamatan Palupuh tepatnya sebelum SDN 40 duku (Palembayan) terlihat badan jalan sudah mau amblas dan retaknya bada jalan Provinsi dengan panjang kurang lebih 25 – 30 M dikarenakan labilnya badan jalan dan ketahanan Dam man jalan dan kapasitas kendaraan Truk pembawa pasir melintasi cukup banyak setiap harinya.

Jalan lintas Provinsi ini, mengalami retak dan ampir amblas sepanjang kurang lebih 25 – 30 meter. Hal ini disampaikan Jorong Piladang, Nagari Ampek Koto Palembayan Slamet kepada Infobanua.co.id Jumat (30/10/2020) siang via WhatsApp.

Dikatakan, Slamet, tidak hanya jalan yang amblas dan retak, saluran air (Drenase) sepanjang jalan Provinsi tersebut banyak juga tidak berfungsi (tersumbat) dikarnakan kurangnya pemeliharaan/perawatan dari pihat terkait,”ungkapnya.

Jalan penghubung Kecamatan Palembayan dan Kecamatan Palupuh juga minim rambu-rambu lalu lintas. Terutama di kawasan Duku, Jorong Piladang, dan dinagari yang ada diwilayah Kecamatan Palembayan.

Salah satu Ormas Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP) dalam kegiatan sosial kontrolnya medan jalan di wilayah setempat juga banyak ditemukan berkelok dan banyak tikungan tajam. Selain itu ada juga medan tanjakan yang cukup berbahaya apabila para kendaraan motor dan sopir tidak berhati-hati.

“Apa lagi saat ini tahun 2020 jalan dikecamatan Palembayan sudah selesai perbaikan sebagai mana jalan Provinsi, Yaahh kita sangat berharap sekali bagi masyarakat melewati jalan di Kecamatan Palembayan butuh kehati-hatian karna jalan sudah mulus dan bagus untuk di lewati saat ini”. Tegas Ketum GPPKP Rusman Hakim dan juga Kepala Biro Media Nasional Infobanua.co.id

Jalan penghubung Kecamatan Palembayan ke Simpang patai dan Kecamatan Palupuh memang perlu perhatian serius oleh pihak terkait Provinsi Sumatera Barat agar segera memasang rambu-rambu yang jelas di setiap persimpangan terutamanya di simpang patai (Palupuh) dan simpang tanah luruah (Palembayan) tersebut dikarnakan kabarnya cukup banyak para pengendara tersesat saat memasuki simpang itu antara Bukittingi menuju Sumatera Utara (Medan) dan Bukittingi menuju Palembayan.

Rambu lalu lintas adalah bagian dari perlengkapan jalan yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan.

Kita sangat berharap untuk keselamatan pengendara dan tidak tersesatnya para pengendara untuk melewati jalan tersebut, Pihak Dishub agar jalur ini diberi rambu-rambu dan peneranggan lampu jalan supaya pengendara yang melintas bisa lebih hati-hati nantiknya. Harapnya.

Kondisi retaknya badan jalan Provinsi di Kecamatan Palembayan dan buruknya infrastruktur jalan Provinsi, Media INFOBANUA berusaha menghubunggi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat – PUPR Sumatera Barat, Fathol Bari lewat WhatSappnya. Sampai berita ini ditayangkan belum ada jawaban.

**Kepala Biro Sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *