infobanua.co.id
Beranda TAPIN Acara Maulid Nabi Muhammad.Saw Produk Minuman Kemasan Jadi Perbincangan

Acara Maulid Nabi Muhammad.Saw Produk Minuman Kemasan Jadi Perbincangan

RANTAU, infobanua.co.id – Perhelatan acara Maulid Nabi Muhammad.Saw yang marak terselenggara di bulan Rabiul Awal. Di acara yang mengandung berkat Nabi Muhammad ini tentunya tak terlepas dari namanya konsumsi yang diperuntukan bagi para jamaah. Dan yang menjadi trending topik perbincangan menarik adalah disamping permasalahan wabah Covid-19 juga produk minuman kemasan bermerk milik Danone produsen makanan dan minuman yang berkantor pusat di Prancis.

Aqua menjadi sasaran seruan pemboikotan produk Prancis yang masif diseluruh penjuru dunia. Sebagaimana diketahui, minuman kemasan yang tersaji di setiap acara paling melekat nama Aqua di masyarakat. Bahkan orang bilang ke pedagang kalau ingin membeli air kemasan gelas atau botol bilangnya, beli Aqua. Maklum minuman kemasan Aqua ini telah lama merajai market pasar.

Sebagaimana Utih dan Fani, beraktifitas jual beli di Pasar Rantau. “Pesan Aqua puluhan dus untuk acara maulidan,”kata Utih.
Sontak dijawab Fani Pedagang di Pasar Rantau, “Produk yang lain aja lah, Aqua lagi di boikot orang dan sedang jadi trending topik nasional. Karena produk itu pemiliknya dari Prancis, tidak menjualkan itu dulu,”kata Fani.

Oh iya lah, jawab Utih, maka konsumsi air kemasan yang dipesannya ini buat acara maulid Nabi Muhammad.Saw, sementara produk itu dari negara yang pemimpinannya melecehkan Nabi Muhammad.Saw.

Demikian diacara Maulid Nabi Muhammad.Saw di Cangkring, kemarin. Seorang Habib menanggapi hal ini dan menyampaikan secara bijaksana produk kemasan minuman untuk acara majelis I’lm Rasulullah.
“Sebaiknya lebih afdhol cari produk yang lain, apalagi produk Aqua dari Prancis. Kecuali tidak ada lagi yang dicari, dihitungan terakhir baru boleh,”kata Habib Zuriat Rasulullah di acara Maulid Rasulullah.

Perusahaan yang memproduksi minuman kemasan Aqua ini pertama kali didirikan oleh Tirto Utomo pada tahun 1973, dengan nama PT.Golden Mississippi. Pabrik pertamanya di Bekasi, Jawa Barat. Setahun berikutnya, perusahaan ini merilis produk perdananya dalam bentuk kemasan botol kaca berukuran 950 ml. Perusahaan ini terus berkembang hingga mampu mendirikan pabrik keduanya di Jawa Timur pada tahun 1984.

Di tahun 1998, PT Tirta Investama dan Danone produsen makanan dan minuman yang berkantor di Prancis melalui Danone Asia Holding Pte Ltd menandatangani perjanjian untuk berkolaborasi membentuk grup Aqua. Pada tahun 2000 Aqua pun mulai mencantumkan ‘Danone’ di seluruh produknya.

Sejak saat itu Danone mulai membeli banyak saham milik PT Tirta Investama (sebelumnya tercatat sebagai PT Aqua Golden Mississippi) di Bursa Efek Indonesia. Hingga kini Danone pun menjadi pemegang saham mayoritas grup Aqua. Dan Aqua masih terus mengembangkan bisnisnya. Adapun, produk Danone Aqua yang dikeluarkan berupa Aqua gelas, Aqua Botol, Aqua galon, hingga Aqua Kids.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan