Media Terverifikasi Dewan Pers
Beli Tema IniIndeks
banner 728x250
Blitar  

Traffic Light Kota Blitar, Kumandangkan Azan Mengingatkan Saat Sholat Fardhu

banner 120x600
banner 468x60

Blitar, Infobanua.co.id – Untuk mengingatkan kewajiban tiap umat muslim pemakai jalan, jika saatnya melaksanakan sholat fardhu.

Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkot Blitar sengaja memutar azan untuk mengingatkan kewajiban tiap muslim pemakai jalan, jika saatnya melaksanakan sholat.

banner 325x300

Kumandang Azan tersebut diperdengarkan lewat 09 traffic light Kota Blitar, ditiap sholat 05 waktu, satu paket dengan CCTV traffic light Kota Blitar.

Dishub Pemkot Blitar sengaja memutar azan untuk mengingatkan kewajiban kaum muslim pemakai jalan, mengingatkan jika saatnya melaksanakan sholat fardhu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Priyo Suhartono, mengatakan bahwa, pemutaran azan itu dilakukan sejak awal bulan November 2020.

“Voice CCTV memutar kumandang azan tiap waktu sholat fardhu. Ini atas arahan dari Pjs Wali Kota Blitar, Bapak Jumadi dan Ketua DPRD Kota Blitar. Kami mulai sejak bulan Nopember ini,” kata Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono, Kamis 05-11-2020.

Menurut Priyo, dari 14 voice CCTV yang terpasang di setiap traffic light jalan persimpangan Kota Blitar, baru 09 yang memutar kumandang azan.

Ke 09 Lokasi itu di antaranya terdapat disimpang tiga Herlingga menuju Jalan Sudanco Supriyadi dan jalan Imam Bonjol, simpang empat 511 di jalan Bali, simpang tiga Aloon-Aloon jalan Merdeka Barat dan jalan simpang tiga Kelurahan Plosokerep di jalan Kenari.

“Untuk voice yang lokasinya dekat dengan masjid, tidak kami setting. Kami khawatir suara azannya justru malah mengganggu suara azan dari masjid tersebut,” jlentrehnya.

Selanjutnya Priyo, menerangkan bahwa, sebelum azan, toa di atas CCTV yang terpasang di beberapa lokasi juga memperdengarkan pidato kebangsaan yang disampaikan oleh Sang Proklamator, Ir Soekarno. Kemudian saat pandemi covid-19, Dinkes Pemkot Blitar juga memanfaatkan media ini sebagai sarana sosialisasi penerapan protokoler kesehatan.

“Saat ini, kami tambahkan azan. Semoga dengan tambahan ini, setiap orang yang berhenti dan yang lewat di sekitar traffic light tersebut akan mendengarkan suara azan. Sehingga bisa mengingatkan bagi umat muslim untuk segera melaksanakan sholat fardhu,” pungkasnya. (Eko.B).

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.