infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Paman Birin : Umkm Penggerak Ekonomi Rakyat

Paman Birin : Umkm Penggerak Ekonomi Rakyat

Banjarmasin – Perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya, termasuk di Provinsi Kalimantan Selatan. Hal ini tentunya memberikan angin segar bagi sektor riil ekonomi, apalagi di masa pendemi covid-19 ini.

Di Kalsel hingga saat ini sudah terdapat lebih dari 25 ribu pelaku usaha UMKM. Tentunya ini sangat membanggakan, lantaran usaha UMKM sangat menjanjikan untuk mengembangkan perekonomian banua.

Saat dijumpai belum lama tadi, H Sahbirin Noor, atau akrab disapa Paman Birin, dengan antusias mengemukakan, kehadiran UMKM dianggap mampu meratakan perekonomian di berbagai pelosok. Masyarakat di daerah terpencil bisa memenuhi kebutuhannya tanpa perlu mengunjungi kota besar.

“UMKM memiliki peran besar dalam menyumbang perekonomian yang merata di banua ini,’’ sebut Paman Birin.
Selain itu, lanjutnya, UMKM memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk membuka lapangan kerja baru. Penyerapan tenaga kerja yang tinggi bisa mengurangi kemiskinan sehingga berkurangnya angka pengangguran.

“Seiring dengan adanya transisi menuju kenormalan baru saat pendemi ini, UMKM diharapkan mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada ini,’’ ujarnya.

Berdasarkan data BPS 2016 dengan jumlah penduduk 252 juta, jumlah wirausaha non pertanian yang menetap mencapai 7,8 juta orang atau 3,1 persen. Dengan demikian tingkat kewirausahaan Indonesia telah melampaui 2 persen dari populasi penduduk, sebagai syarat minimal suatu masyarakat akan sejahtera. (*)

Sumber: jejakbanua.com

Bagikan:

Iklan