Masinis Kereta Api dari Madiun Jatim Terkonfirmasi Covid-19, Keluarga di Blitar Ikut Reaktif

  • Whatsapp

Blitar, Infobanua.co.id – Gegara seorang masinis PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI) Daop 7 Madiun terkonfirmasi Corona Virus Disease-19 atau covid-19. Empat anggota keluarganya yang berada di Kota Blitar, juga ikut terkonfirmasi.

Ketua Harian Satgas Percepatan Penanganan covid-19 Kota Blitar, Didik Djumianto, mengatakan bahwa, Masinis Kereta Api tersebut merupakan warga Kabupaten Madiun. Namun keluarganya tinggal di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Semula yang bersangkutan melakukan test PCR di layanan kesehatan swasta dan hasilnya keluar pada 24 November dan dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19.

Karena keluarganya tinggal di Kota Blitar, pihaknya hanya melakukan tracing, testing dan treatment ke warga Kota Blitar.

“Kami melakukan tracing dan testing terhadap keluarganya. Dan hasilnya ternyata ada 04 anggota keluarganya yang juga terkonfirmasi. Dan mereka semua tergolong orang tanpa gejala, namun tetap kami isolasi di Gedung Protekkes jalan dr.Sutomo, Kota Blitar,” kata Ketua Harian Satgas Percepatan Penanganan covid-19 Kota Blitar, Didik Djumianto, Rabu 25-11-2020.

Menurut Didik, bahwa keempat keluarga yang terkonfirmasi itu semua perempuan berusia 03 tahun, 06 tahun, 33 tahun dan 57 tahun.

Tidak hanya empat anggota keluarganya yang diisolasi di Gedung Protekkes, namun Masinisnya juga ikut diisolasi di gedung tersebut. Karena tergolong asimptomatik atau tanpa gejala.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Stasiun Blitar untuk penanganan secara internal. Karena sekarang pola penularan virus ini cepat dan lebih ganas. Jadi bagaimana memutus rantai penyebaran tanpa mengganggu pelayanan transportasi umum,” jlentrehnya.

Sementara Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan bahwa, saat mengetahui hasil test PCR positif covid-19, managemen telah meminta Masinis tersebut untuk tidak bekerja dulu.

Menurut Ixfan, PT KAI secara umum telah menerbitkan tiga buku pedoman protokol kesehatan covid-19. Baik kepada para pekerja, pelanggan maupun para pegawai di lingkungan kerja PT KAI.

“Untuk front liner seperti masinis, petugas loket, kondektur, sebelum melaksanakan pekerjaannya wajib melakukan assesmen kesehatan, dan selalu menjalankan 3M. Saat dilakukan assesman diukur suhunya jika di atas 37.3 derajat C, mereka tidak diperkenankan bekerja,” kata Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko.

Menurut Ixfan bahwa, protokol kesehatan itu wajib dilakukan oleh semua pekerja, dan diawasi dengan ketat oleh pimpinan masing-masing.

Selanjutnya Ixfan menerangkan bahwa, pihaknya langsung melakukan tracing dan testing kepada seluruh pegawai PT.KAI yang melakukan kontak erat dengan masinis positif covid-19 tersebut. Dan dari beberapa orang yang diambil rapid testnya, tidak ada yang reaktif.

“Namun kami tetap meminta agar mereka mengisolasi mandiri dulu untuk memastikan semua benar-benar aman. Dan para penumpang tetap aman serta nyaman menggunakan layanan dari PT KAI,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *