infobanua.co.id
Beranda BANJAR Tangkal Covid-19, KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara Dengan Protokol Kesehatan

Tangkal Covid-19, KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara Dengan Protokol Kesehatan

MARTAPURA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar selenggarakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta penggunaan sirekap di tingkat TPS, dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. bertempat di Gedung Serbaguna Desa Indrasari.

Jelang PILKADA Serentak 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang, ada sedikit berbeda dengan pelaksanaan pemungutan suara yang biasanya digunakan. Untuk Pemungutan Suara dengan protokol kesehatan Covid-19.

Para peserta sebelum memasuki area pemungutan suara, peserta diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu, lalu ada pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas dengan menggunakan thermo gun, dan sebelum menerima surat suara peserta akan diberikan sarung tangan plastik dan setelah melakukan mencoblosan dan memasukan surat suara, dan untuk pilkada kali ini akan ada petugas yang meneteskan tinta pada jari peserta. Serta ada bilik khusus untuk pemilih yang suhu badannya diatas 37 derajat C.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar Muhaimin, dengan adanya simulasi ini harapannya bisa melakukan evaluasi pencermatan apa yang menjadi kendala-kendala teknis yang mungkin saja kita hadapi pada hari pelaksanaanya.

Dikatakan Muhaimin, hari ini merupakan acara bagian yang sangat penting dari persiapan menghadapi pilkada 2020 yang mana dengan simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap ditingkat TPS ini diharapkan setiap penyelenggara disemua tingkatan baik KPU Kabupaten, PPK, PPS dan KPPS memiliki gambaran bagaimana pelaksanaan pemungutan suara pada 9 Desember nanti.

“Pada simulasi ini TPS dilengkapi dengan dua kotak suara dan empat bilik pencoblosan serta Bilik Khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37°C, dengan tujuan agar tidak berinteraksi pada saat pilkada berlangsung,” jelas Muhaimin.

Dttambahkanya, simulasi juga digelar bersamaan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru dengan dihadiri Pjs Walikota Banjarbaru Bernhard E Rondonuwu, KPU Banjarbaru, KPU Kabupaten Banjar, Bawaslu Kabupaten Banjar dan Perwakilan Fortakompimda Banjar.

Ida/IB

#satgascovid19#ingatpesanibu#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabun#infobanua#dewanpers

Bagikan:

Iklan