Bupati Ceritakan Budidaya Belatung Lalat Yang Dilakukan Pemuda Tapin

  • Whatsapp

RANTAU, infobanua.co.id – Bupati Tapin HM.Arifin Arpan semangati warganya terutama kaum milineal pemuda untuk bergerak aktif membangun daerah Tapin. Meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 tetap tumbuhkan semangat, apalagi pemerintah pusat mendorong sektor pertanian dan peternakan kita untuk tetap bergerak meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Bupati berharap kepada Pemuda Tapin, jangan berharap pekerjaan dari pemerintah daerah yang sifatnya rekanan saja.Adapun mereka saat ini banyak terlena pekerjaan rekanan. Padahal pekerjaan untuk pemuda kita itu cukup luas dan banyak. Hanya saja masih merasa malu, padahal pekerjaan ini bagus, karena pertanian dominan yang harus kita kerjakan sama-sama.

“Lahan di Tapin sangat luas banyak. Untuk itu jangan malas, gunakan kesempatan yang baik ini untuk bersama membangun banua. Contohnya, seperti Cabai hiyung yang berhasil menjadi unggulan daerah,”katanya.

Disisi lain, lanjut dikatakan Bupati, perihal ketersedian pakan ternak.Ternyata pakan ternak itu tidak selalu terbuat dari jerami. Ada juga yang dibuat dari limbah melalui budidaya belatung lalat atau dikenal maggot yang efektif mengurai sampah organik. Belatung ini jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) mengandung protein tinggi serta nutrisi yang baik bagi ternak seperti ternak ikan.

“Besar kemungkinan kandungan nutrisi maggot ini melebihi minyak kelapa sawit. Kendati membayangkannya limbah, tetapi mengetahui dapat dibudidayakan menjadi pakan ternak, kami pun berharap budidaya ini dapat menjadi kegiatan produktif pemuda banua di desa-desa,”katanya.

Karena itulah, kita harus siap. Terutama daerah mereka yang menjadi sasaran saluran irigasi pengembangan bendungan Pipitak Jaya. Manfaat dari saluran irigasi ini sangat banyak, diantaranya dari mulai menanam padi hingga berternak ikan.

Ketua KNPI Tapin, Dedy Arief Budiman,SE menyatakan pihaknya selalu siap kalau memang ada arahan dari pemerintah daerah. “Apalagi itu menyangkut kegiatan pemuda untuk berwirausaha. Kami mendukung itu dan nantinya bisa bekerjasama dengan Karang Taruna Desa, mudah-mudahan ini bisa terlaksana,”katanya.

Menyangkut keinginan Bupati Tapin tadi, dinilai sangat bagus. “Sebab di zaman sekarang pemuda jangan hanya fokus ke bidang rekanan dengan pemerintah saja. Padahal pemuda bisa memulainya sendiri dengan usahanya. Seperti di bidang pertanian di daerah kita sangat menjanjikan dan pemerintah daerah sangat mendukung kalau pemudanya bisa melaksanakan usaha-usahanya di bidang pertanian. Besar kemungkinan bantuan-bantuan secara kelompok siap,”katanya.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *