infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN LK3 Banjarmasin Perdana Gelar Religi Expo Secara Virtual

LK3 Banjarmasin Perdana Gelar Religi Expo Secara Virtual

BANJARMASIN, infobanua.co.id – LK3 (Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan) Kota Banjarmasin menggelar Religi Expo. Religi itu bertujuan untuk mengampanyekan pesan kedamaian sekaligus wacana kerukunan di ruang publik.

Religi Expo digelar di Balairung Sari Taman Budaya, merupakan Expo pertama yang digelar LK3 secara virtual dengan jumlah peserta sebanyak 22 yang terdiri dari lembaga agama, lembaga pendidikan agama, suku dan komunitas.

“Kondisi pandemi corona yang menimpa
Dunia saat ini pada akhirnya membuat kita harus beradaptasi dengan situasi baru, tak terkecuali Religi Expo yang sebelumnya dilaksanakan secara offline sekarang dilaksanakan secara online,” tutur Rafikah selaku Direktur LK3 Kota Banjarmasin.

Dengan mengangkat tema “Merawat Bumi, Merawat Kemanusian,” merupakan tema religi expo yang keenam, tema ini dinilai sesuai dengan suasana pandemi yang terjadi satu tahun kebelakang. Ucapnya

“Pandemi menjadi pengingat bagi seluruh umat manusia tidak hanya saling bahu membahu untuk membantu sesama tapi juga bagaimana umat manusia kemudian saling mengingatkan dan melindungi satu sama lainnya termasuk lingkungan dan alam semesta,” Cetus Rafikah.

Rafikah menuturkan religi expo kali ini agak berbeda dibanding expo yang telah lalu, hal ini dikarenakan stand peserta direkam dan didokumentasikan langsung oleh panitia.

“Religi Expo kali ini sepesial, jika pada kegiatan expo sebelumnya para peserta hadir dan memamerkan stand meraka, kali ini kami yang mengunjungi. Kami datang, kami rekam dan mendokumentasikanya dalam video.Video ini yang ditayangkan dalam Religi Expo Virtual,” tambah Rafikah.

Rafikah berharap agar expo ini dapat memberikan sisi lain dalam melihat keragaman disekitar. Harapan kami, expo ini memberikan sisi lain dalam melihat keragaman disekitar kita. Melihat praktek baik dan usaha-usaha yang dilakukanya dalam menjaga dan merawat toleransi,” tutup Rafikah.

Religi Expo ini resmi dibuka, pada Jumat (4/12) pukul 15.00 WITA yang bertempat di Balairung Sari Taman Budaya.

Tidak hanya ada stand keagamanan, Religi Expo kali ini juga diisi dengan pentas seni sekaligus diskuski keberagaman serta pemutaran film yang berjudul “Kasumbi” produksi LK3 Banjarmasin.

Rangkaian religi expo kali ini juga dapat ditonton live streaming melalui Kanal Youtube LK3 Banjarmasin dan Facebook LK3 Banjarmasin Pungkasnya

febri

Bagikan:

Iklan