infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Mudahkan Kelancaran Penerimaan PPJ. Pemkab Tanbu Bersama PLN Jalin Kerjasama

Mudahkan Kelancaran Penerimaan PPJ. Pemkab Tanbu Bersama PLN Jalin Kerjasama

Batulicin, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melakukan perjanjian kerjasama (PKS) dengan PT PLN persero unit induk wilayah Kalimantan Selatan.

Perjanjian atau penandatanganan MOU ini dilakukan Bupati Tanah Bumbu dengan pihak PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng Aris Aprianto di ruang kerja Bupati Jum at (11/12/2020).

Dikatakan Aris Aprianto,PKS ini untuk menjamin kelancaran penerimaan pajak penerangan jalan (PPJ) Kabupaten Tanah Bumbu. Dimana antara PLN dan Pemda melakukan pemungutan PPJ pada pelanggan PLN dan disetorkan ke Pemerintah Daerah

“Jadi PKS nya lebih pada tekhnis dan mekanisme dalam pelaksanaan pemungutan nya kemudian melakukan penyetoran PLN ke pihak Pemerintah Daerah,”jelasnya.

Meski demikian katanya, setiap pelanggan PLN ada memiliki (Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) nya. Dengan itu, PLN akan membantu penarikan kemudian akan disetorkan kepada Pemerintah Daerah.

‘Setiap pelanggan PLN melakukan transaksi dengan PLN ada PPJU nya lalu para pelanggan, kami bantu pungut untuk PPJU nya dan setiap N+1 bulan nya akan kami setorkan ke BPPRD Kabupaten Tanbu.
Pemungutan nya inklut jadi satu di rekening PLN. Misalnya Setiap beli pulsa listrik dan bayar tagihan listrik.”ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu, Putu Wisno Wardhana.SE.M.Si mengatakan. Dalam PKS ini ada kaitannya dengan pembayaran beban PPJU yang bayarkan Pemerintah Daerah melalui Dinas Perhubungan yang rutin tiap bulannya.

Sambungnya, keuntungan nya lebih pada ketepatan tanggal penagihan yang dikeluarkan PLN secara rutin serta memiliki kepastian tanggal bayarnya.

“Sebelumnya belum pernah ada, dengan adanya PKS ini secara administrasi keuangan kita bisa memproses lebih lancar, artinya sebelum tutup bulan maka dari pihak PLN sudah ada penagihan rutin dengan tanggal yang sama,”paparnya.

Sebutnya lagi, PJU yang selama ini belum ada kilometer nya maka dengan adanya PKS ini maka PLN dan Pemda bersepakat untuk meletakan meteran di PJU yang belum ada meteranya.( Roni )

Bagikan:

Iklan