Ikatan Dokter Indonesia Jawa Barat Dukung Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp

Bandung – Salah satu vaksin Covid-19 yang dipesan Indonesia sudah tiba di Tanah Air pada Minggu (6/12/2020) sekitar pukul 21.30 WIB melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Vaksin yang dikemas dalam kontainer berpendingin tersebut diangkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Beijing, China.

Terkait vaksin ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jabar menyambut baik dan mendukung vaksinasi yang akan dilakukan.

 

“IDI mendukung vaksinasi. IDI Jabar merekomendasikan agar menunggu hasil uji vaksin fase ketiga yang itu yang akan selesai awal tahun depan,” kata Ketua IDI Jabar Eka saat dihubungi, Minggu (13/12/2020).

Kata Eka, IDI mendukung vaksinasi termasuk di wilayah Jawa Barat, asal itu dilakukan setelah uji vaksin fase ketiga selesai. Pernyataan itu disampaikan untuk meluruskan kabar yang sempat beredar yang menyatakan bahwa pihak IDI menolak vaksinasi Covid-19. Eka menegaskan kabar tersebut kurang tepat.

Menurut Eka, uji vaksin Covid-19 fase ketiga mesti diselesaikan guna mengetahui hasil yang nantinya diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sebelum tahapan uji vaksin belum selesai, IDI tidak merekomendasikan vaksinasi.

“Harus memastikan, jadi uji vaksin ini sudah melewati tahap-tahap awal dulu, fase ketiga fase akhir, sayang kalau tinggal satu dua langkah lagi fasenya tidak di selesaikan,” kata Eka.

Eka meminta, masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat mesti kompak memutus rantai penularan sehingga pandemi tak terus meluas. Dengan begitu, diharapkan korban jiwa tak terus berjatuhan. “Caranya simpel, kalau kita ingin beraktivitas dengan aman kuncinya satu disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak),” katanya.
Erik/ida

#satgascovid19#ingatpesanibu#pakaimasker#jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabun#infobanua#dewanpers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *