infobanua.co.id
Beranda KALTARA Target Pendapatan Pt.Pelindo Tagun 2020 Hanya Mencapai 80% Dampak Covid-19

Target Pendapatan Pt.Pelindo Tagun 2020 Hanya Mencapai 80% Dampak Covid-19

Wawancara dengan General Maneger PT.Pelindo IV Cabang Nunukan Teguh Firdaus.

Teguh Firdaus GM PT.Pelindo IV Cabang Nunukan

Nunukan, infobanua.co.id – Kaltara Kamis 17/12/2020 Teguh Firdaus GM PT.Pelindo mengatakan bahwa dengan adanya pandemi covid ini sangat terasa sekali di Nunukan dimana salah satu segmen pendapatan per tahunnya adalah adanya penumpang kapal baik dalam negeri maupun luar negeri.

Covid-19 yang sangat terasa ini karena ditutupnya pelabuhan di sebelah atau ditawau sabah Malaysia sehingga arus lalu lalang orang atau traffic orang yang melintas di pelabuhan Nunukan juga berkurang.

Karena di mana Tki tidak ada yang ke Tawau begitupun yang mau balik ke Indonesia tidak ada sejak lockdown di Tawau.

Apa bennar Target Pelindo Cabang nunukan tidak mencapai apa Penyebabnya?

Teguh: Jadi kalau dari target tahun 2020 ini diperkirakan hanya mencapai 80% targetnya dan dibanding tahun lalu memang kita ada penurunan juga, pencapaiannya dibanding tahun 2020 karena salah satunya masalah pandemi (Covid-19) yang mana sudah menjadi masalah global.

saat dikonfirmasi terkait tranportasi tawau dengan nunukan kapan Rencana dibuka Lokdwn

Teguh: jadi kebijakan Lock Down itu bukan kebijakan pemerintah Indonesia itu dari kerajaan Malaysia nya yang belum membuka akses orang masuk ke negara Malaysia atau ke Tawau pada khususnya jadi itu dari kebijakan pemerintah setempat Pak Bukan dari pemerintah Indonesianya sendiri.

bagaimana Exspor Inpor Rumput laut apakah masih berjalan dalam kondisi Pandami?

Teguh: Kalau rumput laut lancar, jadi seminggu sekali itu masih di muat di kapal Thalia yang singgah ke pare-pare lalu ke Makassar dan ke Surabaya dan itu juga yang melalui kapal kontainer milik PT Spil.

Saat ditanya Kapan Peresmian Terminal penumpang dan Pasilitsnya?

Teguh Firdaus Sebelumnya kita rencanakan akhir-akhir tahun tapi 2020 tapi karena kita melihat kondisi perkembangan pandemi ini yang belum juga surut dan imbauan dari pemerintah untuk khususnya mungkin dari BUMN sendiri untuk tidak melakukan acara-acara seremonial maka kami akan melihat perkembangannya lagi dari Kementerian jika sudah bisa digunakan untuk acara-acara seremonial mungkin kita akan melakukan Grand Opening di tahun depan.

Pembangunan ini sudah 100% jadi bangunan Terminal penumpang dan fasilitas penunjang seperti lapangan parkir nya sudah 100%

Kabar berkembang Bahwa satu satunya Pejabat Pelindo Cukup berani dan Tegas adalah Teguh Firdaus untuk memaksa Para Agen Tiket atau Biro Jasa out dari dalam Pelabuhan jualan tiket diluar Pelabuhan?

bukan masalah berani atau tidaknya Kalau Kita tidak lakukan Ketegasan tidak ada kemajuan olehnya itu seorang Pemimpin dibutuhkan ketegasan dan keberanian bertindak apalagi kebijakan Pusat semata mata untuk kemajuan pelabuhan Nunukan.

saya selaku pimpinan Pelindo nunukan bertangungjawab sekarang apa yang kita lihat Sekarang kesuksesan membangun Pelabuhan merupakan kesuksesan kita bersama.

sekarang Pelabuhan dan Pasilitas terminal dan Lapangan Parkir sudah tuntas 100% kemajuan pelabuhan Tunontaka sebagai pusat prekonomian nunukan.

Dengan adanya pembangunan pelabuhan di perbatasan Nunukan ini yang akan menjadi ikon baik buat Kabupaten Nunukan sendiri maupun Nanti secara umum untuk Indonesia karena dimana kita ketahui posisi Nunukan berada di wilayah perbatasan.

Oleh karena itu Pasilitas Pelabuhan Tunontaka harus lebih baik apalagi berada diwilayah perbatasan.

Jokowidodo Presiden RI saat berkunjung ke nunukan bernjanji akan memperbaiki mulai Dermaga Pelabuhan Terminal Penumpang bahkan Lapangan Parkir harus lebih baik dan harus Exlusiv kita harus bersaing dengan Negara Tetangga Mlaysia.ujar Teguh kepada sejumlah Jurnalis.

Bagaimana Pembangunan jalan diluar pintu pelabuhan belum begitu baik apa langka GM PT. Pelindo.

Teguh, untuk pembangunan jalan diluar sekitar Pintu Masuk Masuk Pelabuhan masih dalam wilayah Pelindo, kami sudah ajukan untuk dianggarkan di tahun 2021 pembangunan jalan aksesnya tersebut.

Memang untuk perbaikan tahap awal ini kami juga akan berswadaya minta semacam kerja bakti atau gotong royong dari masyarakat sekitar dari buruh Pelabuhan sopir-sopir truck mungkin di luangkan waktu untuk kita sama-sama memperbaiki untuk sementara sambil menunggu pengusulan kami ke kantor pusat Pelindo pembangunan jalan akses tersebut, ujar Teguh Firdaus.

Teguh Firdaus harapan pertama kita ucapkan terima kasih kepada masyarakat di sekitar Pelabuhan maupun pengguna jasa di pelabuhan di mana perkembangannya dari tahun ke tahun sudah mulai bagus karena tingkat kesadaran masyarakat juga sudah mulai nampak bagaimana kita sama-sama dab terus menjaga kondisi supaya masyarakat atau penduduk yang akan berangkat maupun datang dari Nunukan itu bisa merasa aman dan nyaman melalui Pelabuhan Tunon Taka.ujar Teguh firdaus (Yuspal).

Bagikan:

Iklan