Tingkatkan Kualitas Produk Dekranasda Kab. Gumas Gelar Rakerda.

  • Whatsapp

Gunung Mas, infobanua.co.id – Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) Kabupaten Gunung Mas gelar Rapat Kerja Daerah ( Rakerda ) guna meningkatkan kualitas produk kerajinan yang punya daya saing tinggi, meningkatkan kualitas perajin yang semakin unggul, Jumat ( 18/12/2020 ) pagi.

Rakerda Dekransda di hadiri oleh Bupati Gumas, Staf ahli Bupati, pejabat eselon II Pemkab Gumas, Perwakilan Dekransda Provinsi Kalteng, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menjelaskan, Rakerda Dekranasda kabupaten gunung mas tahun 2020 membahas mengenai program kerja tahunan Dekranas dalam upaya melakukan sosialisasi sekaligus sinkronisasi kebijakan antara pokok-pokok program yang telah ditetapkan oleh Dekranas dengan program yang ditetapkan pada kegiatan yang akan Dekranasda kabupaten Gunung Mas tahun yang akan datang.

“Hal ini tidak lain dari tujuan yang telah ditetapkan secara nasional yaitu meningkatkan kualitas produk kerajinan yang punya daya saing tinggi, meningkatkan kualitas perajin yang semakin unggul melalui regenerasi perajin dengan mendorong semangat kewirausahaan agar dapat tercapai bersama-sama,” ungkapnya

Jaya S Monong juga mengucapkan selamat melaksanakan rapat kerja daerah tahun 2020 untuk Dekranasda kabupaten gunung mas dan diharapkan untuk memperbanyak kegiatan yang melakukan pelatihan, pembinaan dan fasilitasi bagi para pengrajin, dalam upaya meningkatkan daya saing melalui pengembangan dan peningkatan teknologi produksi inovasi dan kreativitas.

“Dalam menghadapi persaingan pada era pasar bebas Asean maupun pasar dunia nantinya. Dekranasda kabupaten gunung mas harus menghasilkan program dan kegiatan yang memberi manfaat. Terutama bagi pengembangan dan pembinaan produk-produk kerajinan di bumi “Habangkalan penyang karuhei tatau” guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah kabupaten gunung mas,”tandas Jaya.

Ditempat yang sama Ketua Dekranasda Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie J S Monong mengucapkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa serta berterima kasih kepada tamu undangan yang hadir dalam acara Rakeda Dekranasda kabupaten gunung mas tahun 2020.

Dewan kerajinan nasional daerah merupakan organisasi sebagai mitra kerja pemerintah yang mempunyai misi untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa yang tercermin dalam produk kerajinan melalui program kegiatan pembinaan, pelatihan, dan pemasaran hasil kerajinan daerah serta mengikutsertakan dalam berbagai event pameran.

“Keberadaan Dekranasda dapat memberikan fasilitasi pembinaan dan pelatihan, kepada para perajin untuk mendorong kreativitas dalam meningkatkan kualitas produknya. Terutama, motif desain dan kemasan,”ungkapnya.

Dekranasda kabupaten gunung mas aktif sejak tahun 2014 hingga sekarang dan akan terus belajar untuk meningkatkan industri kerajinan serta pembinaan perajin yang ada di kabupaten gunung mas,jelasnya.

“Tujuannya adalah meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global melalui pengembangan inovasi kreativitas dan efisiensi guna meningkatkan kualitas dan perekonomian masyarakat khususnya para perajin yang ada di kabupaten gunung mas,”imbuhnya.

Mimie melanjutkan, Dekranasda kabupaten gunung mas akan selalu melakukan pembinaan sumber daya manusia dengan mengadakan lomba desain batik daerah kabupaten gunung mas, dan pelatihan/magang ukiran kayu, serta memberikan bantuan sarana produksi bagi pelaku UKM ( Usaha Kecil Menengah ) seperti ukiran kayu kabupaten gunung mas.

“Dekranasda sudah memiliki showroom sebagai sarana promosi bagi pelaku industri kerajinan agar dapat memudahkan memasarkan hasil produksi mereka sehingga dapat dikenal luas oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung selain itu diikutsertakan dalam pameran pameran yang diadakan di daerah maupun skala nasional. Pada kesempatan raperda ini kita dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman guna meningkatkan kerajinan yang ada di kabupaten gunung mas sehingga meninggkatkan perekonomian masyarakat khususnya perajin yang ada di Kabupaten Gunung Mas,” tandas Mimie. ( Didik S )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *