Proyek Jalan Nasional Gunungsitoli-Telukdalam, Terindikasi Amburadul

  • Whatsapp
Kondisi Bangunan TPT yang ambruk di jalan Nasional Gunungsitoli-Telukdalam

Gunungsitoli, Infobanua.co.id – Proyek tembok penahan tanah (TPT) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) II PPK 3.5 Gunungsitoli-Telukdalam dinilai amburadul dan dikerjakan asal jadi. Bangunan pendukung berupa tembok penahan tanah (TPT) yang baru dikerjakan mengalami kerusakan (ambruk).

Pantauan wartawan dilokasi sepanjang jalan nasional Gunungsitoli-Telukdalam ditemukan didua titik bangunan TPT yang telah ambruk, tepatnya di perbatasan Kabupaten Nias dengan Kabupaten Nias Selatan. Selain itu Berm jalan belum ditimbun dan konstruksi TPT terlihat berliku-liku seperti ular.

Menurut keterangan warga setempat yang ditemui wartawan (17/12) lalu, bangunan tersebut ambruk diduga karena tidak memiliki pondasi dan campuran semen pasir untuk pasangan batu dengan takaran 1:8.

“Pada saat TPT dikerjakan, tidak dilakukan penggalian pondasi terlebih dahulu tetapi batu langsung dipasang diatas tanah. Selain itu, campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1:8, sehingga tidak merekat secara baik dengan batu pasangan” ucap warga yang tak ingin disebut namanya.

Sementara, pemilik paket pekerjaan yang disebut-sebut sebagai pelaksana kegiatan tersebut saat dihubungi wartawan via telepon, alias Ama Wati Laia mengakui jika pekerjaan tersebut benar pihaknya yang melaksanakan.
“Betul itu pekerjaan kita, tentang bangunan TPT yang ambruk itu telah kami ketahui dan akan kita perbaiki kembali” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (19/12).

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) II, Selamat Rasidi Simanjuntak yang dikonfirmasi wartawan via whatsapp tentang kondisi pembangunan jalan nasional di pulau nias, hingga berita ini dipublikasikan belum merespon. (Arman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *