infobanua.co.id
Beranda TAPIN Dinas Kesehatan Sedang Menyiapkan Vaksin Covid-19 Di Tapin

Dinas Kesehatan Sedang Menyiapkan Vaksin Covid-19 Di Tapin

RANTAU, infobanua.co.id – Vaksin Covid-19 Tahap Pertama sekitar 25.000 dari 54.000 Vaksin Covid-19 berjenis Sinovac sudah tiba di Kalimantan Selatan, dan kini sudah tersimpan di gudang instalasi farmasi Kalsel dengan penjagaan ketat oleh Aparat Kepolisian dan Tim Satgas Covid-19. Selanjutnya, vaksin tadi bakal didistribusikan ke seluruh Kabupaten Kota di Kalsel, termasuk Kabupaten Tapin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin, H.Alfian Yusuf membenarkan kedatangan Vaksin Covid-19 ini dan rencana daerah Tapin bakal juga melakukan vaksinasi massal ini.
Namun sebelumnya, sesuai arahan dari pusat yang beberapa kali diikuti pihaknya melalui Vicon tenaga medis kesehatan di Tapin terdata siap menjadi sasaran pertama divaksinasi pada tahap pertama ini, dan sudah ada sebanyak 1.264 tenaga kesehatan yang siap.

Dijelaskan Alfian, “Dari total jumlah tenaga kesehatan yang siap bersedia menjadi sasaran pertama di vaksin tersebut, bakal berkurang nantinya. Karena sebelumnya, mereka satu per satu bakal di cek kesehatannya oleh dokter ahli, apakah memenuhi persyaratan untuk diberikan vaksin atau tidak. Jika diperkenankan dokter lanjut, mereka divaksin. Sebaliknya, jika tidak diperkenankan dokter, ya tidak di vaksin dengan alasan medis, sehingga terhapus dalam daftar jumlah tenaga kesehatan yang sudah siap divaksin tadi,”katanya.

Berkaitan pemberian vaksin ini berlangsung di Istana Negara oleh Presiden Jokowi ini rencananya pada hari Rabu, 13 Januari 2021. “Pencanangan vaksinasi oleh bapak Presiden RI beserta jajarannya. Dilanjutkan seluruh Provinsi dan Kabupaten kota yang mulai sekarang sedang menyiapkan jadwal waktu pelaksanaannya. Termasuk juga menyiapkan minimal 10 orang tokoh panutan dan memiliki talenta seperti Bapak Bupati Tapin, Sekda beserta jajarannya yang bersedia menjadi orang pertama di vaksin Covid-19 pada tahap pertama ini. Bisa dari tokoh masyarakat hingga tokoh agama yang dapat meyakinkan masyarakat, “katanya.

Tidak lain semua itu untuk memastikan dan menyakinkan kepada masyarakat bahwa vaksin yang diberikan oleh pemerintah itu dalam kondisi aman.

Harapan kami dalam pemberian vaksin ini, masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan. “Karena disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan sangat penting, yang harus tetap terjaga dan terus meningkat,”katanya.

Pemerintah Kabupaten Tapin terus mendorong dan berupaya untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat baik sebelum maupun sesudah vaksinasi yang saat ini sedang dipersiapkan. Bahkan kami terdiri Dinas Kesehatan, RSUD.Datu Sanggul Rantau, dan Tim Satgas Covid-19 mendapatkan saran juga Selasa tadi dari Menteri melalui Rapat Kordinasi melalui Vicon. “Vaksin tidak perlu dilakukan, hanya saja peningkatan disiplin masyarakat ditingkatkan dengan membangun Posko di tingkat Kecamatan, Desa kelurahan hingga ke tingkat RW dan RT, melibatkan masyarakat secara langsung untuk disiplin protokol kesehatan,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan