Media Terverifikasi Dewan Pers
Beli Tema IniIndeks
banner 728x250
TAPIN  

Presiden Jokowi Minta Bupati Perluas Lagi Produksi Komoditi Tani

banner 120x600
banner 468x60

RANTAU, infobanua.co.id – Bupati Tapin, Drs.HM.Arifin Arpan, MM menghadiri undangan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2021 bersama Presiden RI, Jokowi dan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, secara online. Senin (11/2/2021), bertempat di Kantor Bapelitbang Tapin.

Dalam keterangannya Bupati kepada sejumlah awak media menyatakan dari hasil rapatnya bahwa Presiden menyarankan kita untuk meningkatkan lagi produksi tanaman pangan melalui program inovasi terobosan yang dapat mendongkrak pertumbuhan pertanian berkelanjutan. Melalui program terintegrasi mencakup sektor pertanian, perkebunan, dan perternakan.

banner 325x300

“Kedelai harganya mahal, karena produksi dalam negeri kurang dan berpengaruh pada produksi impor. Dan kedelai ini bisa tumbuh baik di daerah kita. Naiknya harga kedelai tentunya berpengaruh pada pedagang tahu dan tempe. Persoalannya harga impor lebih murah daripada harga kedelai di dalam negeri, sementara kalau harga dalam negeri murah justru petani rugi tidak mampu mengembalikan modal produksi taninya.
Dan ini tak boleh dibiarkan begitu saja, karena itulah, Presiden Jokowi melalui
Menteri Pertanian meminta kita untuk dapat meningkatkan produksi seluas-seluasnya
pada sejumlah komoditas pangan lainnya seperti bawang, jagung, kedelai, dan lainnya. Sehingga petani bisa untung,”katanya.

Kondisi pertanian di Tapin, Dikatakan Bupati, dari hasil penilaiannya Petani Unggulan di daerah kita. Alhamdulillah sudah mampu memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Meskipun sekedar hanya untuk makan mereka sehari-hari. Terlebih cabai hiyung Tapin mampu menempati posisi strategis nasional dan terbukti beberapa kali meraih penghargaan.

Adapun program terintegrasi mencakup sektor pertanian, perkebunan, dan perternakan dimaksud dalam rakernas tadi. Sebagaimana disarankan Bupati Tapin di Hiyung beberapa waktu lalu pada forum diskusi tanya jawabnya langsung ke petani dalam acara Bank Kalsel Gathering ke Petani dan Stakeholder.

Bupati Tapin, Drs.HM.Arifin Arpan,MM menyatakan untuk tetap komitmen mendorong terus pengembangan petani dan warga Desa Hiyung agar menjadi sukses, jaya, dan makmur. Semua itu demi terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional di daerah ini.

“Dalam satu kawasan ini, petani disamping menanam cabai, bisa juga ditanami jagung, kedelai, bawang hingga ternak ikan dengan memanfaatkan sungai ini dengan memulainya melalui pelepasan bibit ikan dan mencoba bibit tanaman lainnya. Untuk urusan kebutuhan bibit tanaman bisa ke Dinas Pertanian dan bibit ikan bisa ke Dinas Perikanan,”katanya.

Reporter Nasrullah

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published.