Bupati HSS H Achmad Fikry Resmikan Taman Bacaan Masyarakat

  • Whatsapp

KANDANGAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, membangun gedung yang digunakan untuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Taman tersebut berlokasi di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Jalan Kerja Bakti Nomor 27 Tibung Raya, Kota Kandangan.

Diresmikan Bupati HSS, H Achmad Fikry, pada Rabu, (13/1/2021), ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan untaian melati.

Sebelum peresmian gedung TBM, terlebih dulu dilaksanakan kegiatan seremoni dan penyerahan bantuan pendidikan dari dana DAK dan DAU tahun anggaran 2020 yang diterima secara simbolis oleh perwakilan kepala sekolah SMP, SD dan TK di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Selain itu, H Achmad Fikry juga sempat melihat peserta pelatihan tata rias yang dilaksanakan di SKB.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSS, Hj Siti Erma, membeberkan bantuan dana DAK dan DAU tahun anggaran 2020.

Bantuan itu terdiri dari pengadaan peralatan TIK untuk PKBM sebesar Rp 188,3 juta, alat praktik dan peraga siswa untuk empat sekolah sebesar Rp 80 juta, pengadaan buku ilmu pengetahuan untuk PAUD juga untuk empat sekolah sebesar Rp 41,8 juta dan alat praktik dan peraga siswa.

Kemudian, ada juga alat permainan edukatif dalam ruangan dari dana DAU untuk dua sekolah dan pengadaan alat permainan edukatif luar ruangan untuk tujuh sekolah.

Ditambahkan Siti Erma, untuk jenjang tingkat SD diserahkan bantuan berupa buku koleksi perpustakaan untuk empat sekolah, peralatan PJOK untuk tujuh sekolah, peralatan seni budaya untuk lima sekolah, pengadaan media pendidikan untuk dua sekolah.

Sedangkan untuk jenjang SMP diserahkan bantuan untuk alat laboratorium IPA, Fisika dan Biologi untuk empat sekolah.

Lainnya, bantuan pengadaan alat laboratorium komputer untuk empat sekolah, pengadaan alat peraga matematika untuk tujuh sekolah, pengadaan alat peraga ilmu pengetahuan sosial untuk satu sekolah, pengadaan media pendidikan untuk dua sekolah dan pengadaan peralatan PJOK untuk empat sekolah serta pengadaan TIK SMP untuk 14 sekolah.

Kemudian juga, diserahkan bantuan dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian berupa alat cuci tangan sebanyak 12 unit.

Sementara itu, Bupati H Achmad Fikry mengatakan, TBM ini merupakan fasilitas penunjang program kegiatan di SKB. Harapannya, dengan bertambah fasilitas ini, kinerja SKB bisa lebih meningkat.

“SKB ini untuk belajar nonformal, keaksaraan dan lainnya. Inilah yang harus kita dorong karena kita sadar tidak semua masyarakat bisa bersekolah secara formal. Jadi SKB ini sebagai sanggar untuk menjaga kualitas pendidikan melalui PKBM kita,” ujarnya.

Terkait beberapa pelatihan yang dilaksanakan di SKB, ia berharap peserta pelatihan harus tetap diberikan jalan untuk mengembangkan usahanya.

“Ke depan, tidak ada lagi pelatihan tanpa didukung peralatan setelah selesai pelatihan. Jadi, mereka bisa mengembangkan usahanya. Makanya, perserta setelah selesai pelatihan harus menggunakan peralatan dan mengembangkan usahanya,” kata Bupati.

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *