Categories: BANJARMASIN

Gubernur Kalsel Instruksikan Tanggap Darurat Banjir

Banjarmasin, infobanua.co.id – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menginstruksikan jajarannya siaga satu dalam musibah banjir di awal 2021 ini. Ia minta jajarannya bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota di daerah banjir dalam memberikan bantuan tanggap darurat.

“Saya minta seluruh jajaran BPBD maupun Dinas Sosial siaga satu dan segara lakukan. Langkah -langkah penanganan darurat terhadap warga yang Terdampak banjir di berbagai wilayah,” kata Paman Birin, Selasa (12/1/2021).

Penanganan banjir juga harus dilakukan bersinergi dengan masing-masing pemerintah kabupaten/kota, unsur TNI Polri serta masyarakat.”Penanganan banjir harus dilakukan bersinergi dengan semua pihak terkait termasuk masyarakat,” katanya.

Paman Birin juga meminta perlunya melakukan mobilisasi dan evakuasi warga terdampak banjir khususnya kalangan orangtua dan anak-anak. “Selain memberikan bantuan darurat, kita juga perlu mendirikan posko bantuan dan tempat penampungan sementara di daerah banjir yang cukup parah,” kata Paman Birin.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Sosial telah mengerahkan sejumlah bantuan tanggap darurat ke sejumlah daerah yang dilanda banjir sejak 3 Januari 2021 hingga saat ini Selasa (12/1/2021). “Kita telah mendirikan dapur umum sekaligus menerjunkan tim Tagana serta memberikan bantuan makanan kepada terdampak banjir di berbagai wilayah sejak 3 Januari lalu,” ungkapnya.

Secara terpisah Kasi Perlindungan Sosial Dinsos Kalsel H Ahmadi mengatakan pihaknya sudah dilakukan penanganan darurat di Kecamatan Sei Tabuk, Mataraman, Martapura Timur dan Barat Kabupaten Banjar kemudian berlanjut di Kecamatan Cempaka di Kota Banjarbaru, Bati-Bati, Tambang Ulang, dan Kurau di Kabupaten Tanah Laut dan Desa Belanti Binuang di Kabupaten Tapin.

“Untuk Kecamatan Bati bati, dapur umum untuk 2.933 jiwa sejak 9 jan 2021 sampai sekarang masih dilaksanakan, sementara di Desa bangkal dan sungai tiung kota banjarbaru ditangani oleh Kampung Siaga Bencana Trisakti dan Dinsos Banjarbaru,” kata Ahmadi.

Di Kecamatan Bati-Bati yang terdampak banjir cukup parah juga telah diserahkan bantuan berupa makanan kepada ribuan warga.

Bantuan yang disalurkan berupa mi instant, minyak goreng, air dalam kemasan, kecap manis, the celup, susu kental manis, kopi hitam, kopi susu, kue kering, beras regular dan seluruh logistik untuk dapur umum. ⁣”Bantuan tersebut kita tambah lagi dengan beras 500 kilogram untuk logistik masyarakat Terdampak banjir,” tambah Ahmadi.

Operasi penanganan banjir ini melibatkan Tagana Prov Kalsel, Tagana Kab Tala, Tagana Kab Banjar, BPBD Kab Tala, PMI Kab Tala, PPM Kab Tala, unsur TNI dan Polri, dan masyarakat setempat. ⁣

Rel/IB

admin

Recent Posts

Pejabat Kasat Polairud dan Kapolsek Kelumpang Barat Polres Kotabaru Resmi Berganti

KOTABARU, infobanua.co.id - Dengan digelarnya upacara serah terima jabatan (Sertijab) serta pengambilan sumpah dan janji…

8 menit ago

Pagu Cadangan Masih Tersedia Bagi Anak Yang Belum Sekolah SMPN

Blitar, infobanua.co.id - Meski Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2024/2025, telah…

13 menit ago

Halikinnor Tegaskan Soal KONI Di Kotim, Pemerintah Daerah Tidak Ada Terlibat

Sampit, infobanua.co.id – Suhu politik di ujung jabatan Bupati dan Pilkada di Kabupaten Kotawaringin Timur…

16 menit ago

Sumadi Resmi Menjabat Ketua BKPRMI Palangka Raya 2024-2028

Palangka Raya - Musyawarah Daerah Ke-VII yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi…

4 jam ago

BKPRMI Kota Palangka Raya Melaksanakan MUSDA Ke- VII

Palangka Raya - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Kota Palangka…

4 jam ago

Tingkatkan Kualitas, DPMPTSP Bimtek Petugas Pelayanan

Martapura, infobanua.co.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan…

8 jam ago