Perbaikan Jembatan Rusak Di Jalan Nasional Segera Dilakukan

  • Whatsapp

Banjarmasin  – Perbaikan dua jembatan yang rusak akibat banjir di jalan nasional antar kabupaten di Kalsel bakal segera diperbaiki. “Perbaikan jembatan yang putus di jalan nasional segera diperbaiki saat ini dalam proses menunggu material datang,” kata Roy Rizali Anwar, Kadis PUPR Kalsel di Mahligai Pancasila usai mengikuti Rakor penanganan banjir bersama Gubernur Kalsel dan BNPB Pusat Minggu (17/1) malam tadi.

Ada dua titik jembatan putus di jalur vital antar kabupaten, yaitu jembatan Salim di Desa Banua Anyar Kabupaten Banjar penghubung Banjar – Hulu Sungai serta jembatan Pabahanan di jalan nasional penghubung Banjarbaru – Tanah Laut. “Pekerja sudah siap saya dapat info saat ini menunggu materialnya sedang proses pengiriman, Insya Allah akan diberikan penanganan darurat sehingga akses jalan dapat segera dibuka dalam beberapa hari ke depan,” kata Roy.

Pihak PUPR Kalsel juga Sedang melakukan pendataan kerusakan infrastruktur berstatus provinsi. “Ada beberapa kerusakan juga untuk jalan dan jembatan provinsi, kita sedang lakukan pendataan saat ini,” kata Roy.

Roy juga mengatakan pihaknya tadi sore juga mendampingi Menteri PUPR Kalsel Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Kalsel melakukan kunjungan kerja memantau kerusakan infrastruktur akibat terjangan banjir.

Salah satunya meninjau jembatan Salim di Desa Banua Anyar yang berada di jalan nasional antara Kabupaten Banjar menuju Hulu Sungai.

Jembatan Salim sempat diperbaiki setelah putus akibat derasnya air sungai pada Kamis (14/1) lalu. Namun kemudian usai mendapatkan penanganan darurat dan akses lalu lintas dibuka lagi jembatan kembali ambrol bahkan terjadi di kedua sisinya baik dari arah Banjarmasin maupun Hulu Sungai.

⁣ Kejadian longsornya jembatan terjadi sejak Minggu (17/1) dinihari tadi. Jembatan mengalami longsor baik dari arah Banjar sepanjang 4 Meter dan dari arah Hulu sungai sepanjang 5 Meter,untuk sementara arus lalu lintas lumpuh total.

Dalam peninjauan, Menteri PUPR berdiskusi Gubernur Kalsel yang juga didampingi Sekdaprov Roy Rizali untuk kemudian mencari solusinya dengan segera karena jembatan tersebut sangat vital. Solusi dicari baik dalam jangka pendek atau panjang. Pihak Kementerian PUPR segera melakukan pendataan infrastruktur yang rusak di Kalsel yang selama ini dalam koridor pusat.

⁣Paman Birin disela kunjungan Menteri PUPR mengatakan sinergitas antara pemeritah pusat dengan pemerintah daerah ini diharapkan akan secepatnya bisa memulihkan kondisi perekonomian. “Dengan kedatangan Menteri PUPR ini kita berharap  infrastruktur yang rusak akibat banjir dapat dicarikan solusinya sehingga dapat memulihkan kondisi perekonomian masyarakat segera,” harap Paman Birin.

Ia atas nama seluruh masyarakat Kalsel mengucap terima kasih atas kedatangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. “Atas nama masyarakat dan pemerintah provinsi Kalsel kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan Menteri PUPR,” pungkas Paman Birin.

Sumber: jejakbanua.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *