Categories: BANJARMASIN

Pasca Banjir, DPRD Kalsel Akan Awasi Stok Bahan Pangan

BANJARMASIN – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan mengagendakan pengawasan ketersediaan bahan pangan untuk masyarakat, namun pengecekan ini baru akan dilakukan setelah banjir reda di beberapa wilayah.

Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pengecekan ketersediaan bahan pangan terhadap beberapa pasar di wilayah Kalsel.

“Karena beberapa kawasan masih tergenang banjir, untuk saat ini kami belum bisa melakukan pengecekan bahan pangan,” katanya kepada wartawan, Selasa (19/1).

Walaupun belum bisa turun ke lapangan, Imam mengakui telah berkomunikasi dengan instansi terkait, terutama kepada Dinas Perdagangan Kalsel untuk melakukan pengawasan.

“Stok pangan sampai saat ini masih tercukupi, namun hal itu tidak dapat dipastikan setelah banjir,” ujar Imam.

Imam mengungkapkan, daerah penghasil persediaan pangan di Kalsel kini kondisinya hampir seluruhnya mengalami musibah banjir dan banyak bahan pangan yang terendam.

“Apalagi gudang penyimpanan padi banyak yang terendam,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel VII, yang meliputi Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjarbaru ini.

Imam menyebutkan daerah lumbung pangan di Kalsel terdapat di wilayah Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Barito Kuala, yang saat ini beberapa wilayah tersebut masih terendam banjir. Tentunya itu berdampak pada ketersediaan bahan pangan. Oleh karena itu, menurutnya hal itu perlu ditindaklanjuti oleh instansi terkait agar ketersediaan bahan pangan untuk masyarakat dapat terpenuhi pasca banjir.

Sedangkan kebutuhan utama masyarakat saat ini adalah beras, sehingga perlu antisipasi sejak dini, agar ketersediaan bahan pangan itu masih tersedia. (NRH/RDM/RHD)

Sumber: abdipersadafm.co.id

admin

Recent Posts

Camat Baamang Pantau Langsung Pembersihan Sungai Baamang

Sampit, infobanua.co.id – Bukan dikecamatan MB Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit saja dilanda banjir dengan…

10 jam ago

Pembangunan RMP Diharap Mampu Maksimalkan Serap Hasil Panen

Sampit, infobanua.co.id - Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Irawati berharap pembangunan rice milling plant (RMP)…

10 jam ago

Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence

Mengupayakan perlindungan serta peningkatan kepercayaan dalam ekonomi digital Indonesia   Jakarta, 18 April 2024 —…

11 jam ago

Dinas Ketahanan Pangan PPU Catat Tahun Ini Satu Desa Dikategorikan Rawan Pangan

PENAJAM, infobanua.co.id - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mencatat 2023 sebanyak 20…

12 jam ago

Penting nya Disiplin Kerja dan Sinergi Antar Pegawai, Inlah yang Dikatakan Kakan BPN Depok

Depok, infobanua.co.id - Halal Bihalal bukan sebatas ruang silaturahmi di tengah suasana lebaran Idul Fitri,…

12 jam ago

Deretan Artis Ibukota Meriahkan Pesta Laut Kota Pagatan Simak Persiapannya

BATULICIN, infobanua.co.id – Deretan artis ibukota Jakarta bakal meramaikan Event pesta Mappanreritasie tahun 2024 di Pagatan…

13 jam ago